5 strategi mengubah budaya di sekolah

IMG_9795

School’s Culture.
Aschool’s culture can be defined as the traditions, beliefs, policies, and norms within a school that can be shaped, enhanced, and maintained through the school’s principal and teacher-leaders (Short & Greer, 1997).

Pengertian diatas merujuk pada situasi dimana nilai-nilai yang dianut sekolah berpengaruh dominan pada komunitas didalamnya. Sekolah mesti punya target budaya yang ingin dicapai dikarenakan aspek tata tingkah laku itulah yang kemudian akan melejitkan potensi individu yang ada di sekolah. kepala sekolah sebagai pucuk pimpinan berperan dalam penerapannya.

Tentunya anda yg tahu apakah budaya di sekolah anda sudah cukup baik, sedang atau malah memprihatinkan. Sebenarnya di sekolah ukurannya jelas yaitu
Kebersihan, keamanan dan kenyamanan, kesemarakkan dan produktivitas.
Jika empat faktor diatas sudah ada, sekolah sudah bisa dikatakan ‘berbudaya’.

Bagaimana jika ternyata anda rasakan sekolah anda belum cukup berbudaya. Berikut ini adalah caranya

1. Perbanyak poster tulisan di sekolah yang menyuarakan budaya yang positif. Kalau mau gunakan bahasa Inggris mesti hati-hati ya, khawatir malah salah atau lucu dibacanya.

2. Kelola bagian kerumah tanggan sekolah dengan baik (kebersihan, keamanan dan kantin). Mereka pegang posisi kunci dalam hal kebersihan.
Tanamkan pada guru dan murid prinsip LISA (Lihat Sampah Ambil)

BERSAMBUNG

Pembaca yang baik, artikel yang sedang anda baca ini termasuk ke dalam artikel mengenai pengelolaan sekolah, untuk membaca lengkap artikel ini silahkan menuju ke situs majulahsekolahku.com. Situs majulah sekolahku adalah situs yang menjadi jawaban dari hiruk pikuk dan dinamisnya dunia persekolahan dan pengelolaan sekolah menuju sekolah efektif. Selamat membaca.

Posted in Tak Berkategori

One thought on “5 strategi mengubah budaya di sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s