4 Pertimbangan bagi sekolah dalam menentukan tema dan program pelatihan bagi guru-gurunya

IMG_9443

Kebutuhan akan pelatihan atau tambahan semangat bagi guru di sebuah sekolah biasanya datang saat awal pergantian tahun ajaran, di tengah tahun atau di pergantian cawu.
Tulisan ini akan membantu para pengelola sekolah dan yayasan atau kepala sekolah dalam merencanakan kebutuhan pelatihan bagi guru di sekolahnya.
Beberapa kesalahan yang biasa terjadi saat proses ini adalah
1. Sekolah asal menentukan tema tanpa perencanaan dan riset yang mendalam. Akibatnya guru kurang merasa terlibat atau memerlukan tema yang diberikan.
2. Sekolah asal mencari pembicara yang terkenal. Pembicara yang sering ada di TV atau di surat kabar mungkin bagus dalam soal wacana namun lemah dalam implementasi. Ia hanya tahu konsep tapi tidak tahu bagaimana cara penerapan dan belum pernah ‘berkeringat’ di kelas sebagai guru. Di lapangan guru perlu implementasi atau program yang aplikatif sehingga memudahkan pelaksanaan proses belajar mengajar yang ia lakukan.

BERSAMBUNG
Pembaca yang baik, artikel yang sedang anda baca ini termasuk ke dalam artikel mengenai pengelolaan sekolah, untuk membaca lengkap artikel ini silahkan menuju ke situs majulahsekolahku.com. Situs majulah sekolahku adalah situs yang menjadi jawaban dari hiruk pikuk dan dinamisnya dunia persekolahan dan pengelolaan sekolah menuju sekolah efektif. Selamat membaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s