Mengelola sekolah berarti mengelola perubahan, tips bagi kepala sekolah kreatif

IMG_9764

Perubahan tidak ada yang enak, dalam prosesnya seseorang perlu meniadakan kenikmatan yang biasa ia dapatkan untuk keluar dari zona nyaman. Sebuah sekolah yang ingin maju juga begitu, semua elemen yang ada didalamnya mesti tahu bagaimana berubah dan bagaimana meraih perubahan tanpa kemudian membuat konflik atau riak yang tidak perlu.

  • Beberapa hal yang penting dalam mengiringi perubahan adalah;Kemampuan untuk lakukan pendekatan persuasi. Keahlian ini penting untuk didalami. Dari guru sampai satpam, dari kepala sekolah sampai admin dari admin sampai ke Dewan Pembina mesti gunakan pendekatan ini. Kemampuan persuasi berarti kemampuan untuk menempatkan semua pihak dalam posisi ‘menang-menang’ dan bukan ‘menang kalah’. Kepada murid pun guru mesti lakukan yang namanya pendekatan persuasi, apatah lagi dari guru ke orang tua siswa, kepala sekolah kepada guru dan lain sebagainya.

BERSAMBUNG
Pembaca yang baik, artikel yang sedang anda baca ini termasuk ke dalam artikel mengenai pengelolaan sekolah, untuk membaca lengkap artikel ini silahkan menuju ke situs majulahsekolahku.com. Situs majulah sekolahku adalah situs yang menjadi jawaban dari hiruk pikuk dan dinamisnya dunia persekolahan dan pengelolaan sekolah menuju sekolah efektif. Selamat membaca.

One thought on “Mengelola sekolah berarti mengelola perubahan, tips bagi kepala sekolah kreatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s