Langkah sukses bermitra dengan dinas pendidikan setempat

Dinas pendidikan setempat dimana sekolah berada penting kiranya untuk diajak bermitra. Kasus JIS yang baru lalu adalah bukti betapa ada jarak antara dinas pendidikan setempat dan sekolah. sehingga pengawasan menjadi sulit dilakukan.

Ada 3 tipe sekolah swasta ketika berhadapan dengan dinas pendidikan

1. Tipe sekolah yang bersikap bagaikan sekolah negeri, karena begitu dekat dan khawatir sekali mengecewakan dinas pendidikan.
2. Tipe sekolah yang senang mencibir dinas pendidikan tidak tahu apa-apa soal pendidikan dan tahunya hanya masalah administrasi dan perijinan belaka. Cirinya adalah tidak pernah datang saat diundang rapat dan merasa ekslusif
3. Tipe sekolah yang tetap kreatif sambil berusaha memadukan apa yang bisa ia terima dari dinas sambil tetap lakukan yang terbaik.

Dinas pendidikan memang terdiri dari birokrat dalam hal ini pengawas. Sementara di negara maju, pengawas adalah kepala sekolah yang mumpuni dan berprestasi. Sehingga sekolah bisa meminta petunjuk dan nasihat dari A sampai Z mengenai pendidikan dan bukan sekedar berlindung dari undang undang dan peraturan menteri nomor sekian sekian. Saya menyadari betul bahwa pengawas yang ada sekarang pun sudah bagus dan mumpuni, dengan demikian tulisan ini adalah untuk semakin mempererat kemitraan antara dinas dan sekolah.

Jika sekolah anda ingin sukses dalam bermitra dengan dinas setempat berikut ini langkah yang bisa membantu.

1. Usahakan datang saat diundang rapat dinas. Walau undangan rapat baru disampaikan malam harinya (mendadak) usahakan tetap datang.
2. Jika ada acara tawarkan diri untuk jadi tuan rumah, memang akan perlu dana namun itu lebih baik demi hubungan yang harmonis
3. Saat rapat, perkenalkan diri anda kepada pengawas, syukur syukur kalau bisa dekat secara profesional.

Banyak sekolah yang memang bisa bagus karena sibuk cari pengetahuan sendiri dan undang pembicara dari sana sini serta sibuk berproses demi perbaikan sekolah tanpa bantuan dinas pendidikan setempat. Akan menjadi bahaya jika sekolah yang saya sebutkan tadi menjadi kurang berhubungan baik dengan dinas pendidikan setempat.

Bahkan jika ada pengawas datang dan meminta pengetahuan atau ilmu terbaru, berikan saja, karena toh ilmu itu ada untuk dibagi.

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s