Guru profesional terampil menggunakan penilaian formatif

formative-assessment-strategies-for-library-instruction-8-638

Istilah penilaian formatif sebenarnya ada untuk menilai proses pembelajaran itu sendiri. Guru mesti punya cara untuk mengecek apakah pembelajaran yang dilakukannya sudah berjalan ke arah yang baik atau apakah siswa bisa mengerti penjelasannya, apakah sebagai guru ia berbicara terlalu cepat? dan sederet pertanyaan lainnya yang timbul dalam diri seorang guru saat mengajar dan setelah mengajar.

Guru yang profesional selalu bertanya seberapa efektifkah ia dalam mengajar, senangkah murid saat ia ajarkan dan seberapa baik ia membuat siswanya mengerti.

 B6rvpPACEAAY-XN

Untuk itu formula yang terbaik dalam menyelesaiakan masalah diatas adalah guru melakukan penilaian formatif.

APA YANG DISEBUT PENILAIAN FORMATIF

Adalah penilaian kepada hal yang sedang berjalan, dna pengamatan di ruang kelas. Guru menggunakan penilaian formatif untuk meningkatkan metode pembelajaran dan umpan balik siswa selama proses belajar mengajar. Dilakukan demi menjaga pembelajaran selalu dalam alur untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

KAPAN SEBAIKNYA PENILAIAN FORMATIF DILAKUKAN

Saat guru merasa bahwa ia ingin mengetahui bagaimana pemahaman siswanya atau saat seorang guru mengamati bahwa beberapa siswa tidak memahami konsep, maka ia langsung merancang kegiatan review atau menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan pola (waktu) yang berbeda dan cara yang berbeda sepanjang masih dalam waktu pembelajaran. Guru perlu terus mengasah insting profesionalnya untuk kemudian ia menjadi tahu kapan mesti lakukan penilaian formatif.

BAGAIMANA PENILAIAN FORMATIF DILAKUKAN

Guru memantau pemahaman siswa dengan menggunakan kuis berkala dan tugas berbasis kinerja. Hasil penilaian formatif digunakan untuk memodifikasi dan memvalidasi instruksi. Hasil penilaian formatif mesti bisa langsung diketahui siswa, untuk itu sangat dianjurkan untuk gunakan teknologi.

MENGAPA PENILAIAN FORMATIF PENTING UNTUK DILAKUKAN

Tipe penilaian formatif sangat dianjurkan bagi guru yang peduli pada proses yang dijalani siswanya. Lewat banyak cara menilai dalam penilaian formatif ia ingin pastikan setiap siswa bertumbuh dengan caranya masing-masing. Tipe penilaian ini membuat guru dan siswa saling mengetahui tingkat pemahaman dan pengertian masing-masing terhadap isi pembelajaran. Jika siswa saat belajar dengan gurunya sering mengalami dinilai secara formatif, siswa akan makin merasa bertanggung jawab pada proses yang dialami sebagai pembelajar karena ia merasa dilibatkan tanpa dihakimi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s