Cara guru menjaga fokus siswa setelah bermain games/energizer di kelas

slebur
https://puspitafathiinah.files.wordpress.com/2012/03/slebur.jpg

Games berperan untuk membuat siswa tidak bosan dan kembali bersemangat dalam belajar. Jika tidak hati-hati, games akan membuat siswa lelah dan menjadi hilang focus. Berikut hal yang mesti guru memilih untuk lakukan sebuah games di awal, atau di tengah-tengah pembelajaran.

  • Guru memberikan arahan bahwa games dimainkan hanya jika siswa menunjukkan sikap terbaiknya saat belajar.
  • Guru menghindari untuk hanya menjadikan games sebagai alat untuk membuat siswa relaks. Games juga bisa dimainkan sebagai cara untuk membagi kelompok, melekatkan isi pembelajaran, sampai games untuk mengecek kembali pemahaman siswa (biasanya dimainkan di awal, tengah atau akhir pembelajaran).

  • Guru ada dan ikut mengawasi saat permainan berlangsung, sebagai penjaga waktu dan memastikan sebagai orang yang akan memberikan sari atau pesan moral dari permainan yang dimainkan setelah permainan usai.
  • Hindari memainkan game jika guru ingin bersantai sejenak di kelas atau hanya sebagai pengisi waktu yang kosong. Walaupun kelihatan hanya bermain-main namun guru tetap perlu melakukan dengan terencana, serius dan tetap ada pelekatan dengan isi pembelajaran

Jika guru sudah bisa membagi jenis games serta kapan digunakannya maka kelas akan hidup dan menjadi kelas yang kondusif. Tawarkan juga pada siswa untuk mereka mainkan game yang mereka sukai sendiri. Tentunya saat mereka memainkan tetap dengan pengawasan guru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s