Sekolah dilanda krisis, kok bisa?

crisis_ahead

Bukan negara saja yang rentan terkena krisis. Sebuah sekolah bisa juga terkena krisis. Krisis bisa datang dari mana saja, dari dalam sekolah dan dari luar sekolah. Krisis akan membuat guru tidak bisa tenang dalam mengajar, dampaknya bisa luas dan panjang bahkan bisa membuat sekolah itu tutup.

Apa saja krisis yang bisa melanda sekolah

  • Krisis kepercayaan. Jika ini terjadi gawat sekali, ada pihak yang kurang bisa berkomunikasi pastinya. Krisis ini biasanya dimulai dari ketidak puasan. Guru kepada sekolahnya, kepala sekolah kepada gurunya, guru pada kepala sekolahnya, orang tua siswa pada sekolah atau orang tua siswa pada guru anaknya. Penyebabnya bisa macam-macam, yang paling sering terjadi ada pihak yang tidak mau belajar dan kurang mau mendengar. Sehingga krisis menjadi makin parah dan dalam.
  • Krisis guru. Guru yang keluar masuk dan keluar di tengah jalan akan membuat sekolah guncang. Saatnya sekolah memelihara dengan baik guru-gurunya.
  • Krisis alat dan sumber mengajar. Hal ini biasanya terjadi karena pihak sekolah salah urus atau bahkan tidak mau keluarkan dana untuk pembelian alat mengajar dan lain sebagainya.
  • Konflik dengan masyarakat sekitar. Sekolah mesti berhati-hati untuk selalu mengutamakan siswa jika ini terjadi. Masalah legalitas lahan bisa jadi penyebab. Banyak sekolah kemudian, menjadi sengketa lahannya karena permasalahan hukum yang diluar kuasa guru dan kepala sekolah.

  • krisis guru yang profesional. Guru yang ada sangat rendah motivasinya dikarenakan satu dan lain hal. Saatnya lakukan pembenahan dan cari tahu apa yang guru inginkan.
  • Krisis pemimpin. Bisa terjadi di sekolah swasta dan negeri, pemimpin yang ada kurang mumpuni atau bahkan tiada sama sekali. Guru menjadi resah dan kurang semangat.
  • Krisis fasilitas. Jika sekolah kekurangan lahan dan sekolah tidak punya biaya untuk menambah atau kurang biaya untuk perawatan. Siswa yang menjadi korban karena fasilitas sangat diperlukan dan vital dalam pelaksanaan pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s