Resep sukses penerapan pembelajaran dengan bekerjasama (cooperative learning)

imagecoopgif
http://www.worksheetlibrary.com/teachingtips/imagecoopgif.gif

Guru yang berusaha menjadi kreatif pasti ingin sekali mencoba untuk lakukan pembelajaran dengan bekerja sama atau kooperatif. Jika guru mau mencoba pasti ada jalan, asal niatkan untuk menjadikan siswa di kelas sebagai subyek dan selalu berniat untuk membuat kelas menjadi hidup.

Berikut adalah prasyarat untuk guru bisa sukses lakukan pembelajaran dalam kelompok

  • Guru selalu mau belajar mengelola kelas. Tidak perlu mahir dahulu dalam mengelola kelas, yang penting mau mencoba dan selalu mau belajar. Kelas yang baik bukan kelas yang sepi, kelas yang baik justru bersifat turun naik atau seperti lebah, yang bersuara namun produktif. Guru mesti punya kesepakatan dengan siswanya.
    Kuasai cara membagi kelompok. Hindari membuat kelompok yang awet atau berlaku sepanjang semester.  Fatal sekali jika guru lakukan itu. Rotasi kelompok setiap anda masuk dan mengajar. Bisa dua kali satu pertemuan siswa berganti kelompok akan lebih bagus
    Kuasai cara mendiamkan siswa dengan cepat. Siswa punya hak untuk bersuara sepanjang sesuai kesepakatan. Kerja kelompok jika berlangsung dengan baik akan menjadi sangat ramai suasana kelas. Tugas guru untuk mampu mendiamkan dengan cepat tanpa menambah kegaduhan.

Ukuran sebuah pembelajaran kooperatif yang baik adalah

  1. Setiap anggota dalam grup punya peran. Misalnya:
    Data Collector – mengumpulkan dan catatan data untuk kegiatan tersebut.The Checker – melacak kemajuan kelompok menuju tujuannya. The Suporter – menghubungkan diskusi dengan materi sebelumnya dan kegiatan .The Encourager  – pujian dan menegaskan . Catatan komentar positif dan tindakan .Resource Manager – mengumpulkan data dan bahan dari data collector dan mengarsipkan  .Time keeper – memonitor waktu dan membantu untuk menjaga fokus kelompok pada tugas .
  2. Guru memberikan dan membagi peran sesuai dengan karakter siswa atau minimal mendekati (ekstrovert dan intorvert)
  3. Anggota grup saling menghargai keunikan masing-masing anggotanya. Guru tidak boleh diam di meja, ia mesti berkeliling untuk memastikan hal ini terjadi.
cooperative-learning-strategies-photos-5
http://bestwalle.mobi/cooperative-learning-strategies-photos.html

One thought on “Resep sukses penerapan pembelajaran dengan bekerjasama (cooperative learning)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s