Tips menulis blog bagi guru yang sibuk

20140606-223127-81087951.jpg

Hampir semua guru yang saya kenal mengatakan bahwa soal waktu adalah soal yang jadi masalah utama dalam dirinya menjalani profesinya. Artinya lebih banyak guru yang sibuk daripada yang tidak sibuk. Tips dibawah ini bisa jadi bahan masukan bagi guru yang merasa dirinya sibuk namun tetap ingin menulis di blog sebagai ajang berbagi pengetahuan dengan sesama guru serta pemerhati dunia pendidikan.

1. Jika ada ide tulisan, segera tulis di akun twitter anda. Punya akun twitter itu seperti kewajiban bagi guru yang kreatif. Karena twitter itu disebut juga microblogging, atau ngeblog dalam nuansa 141 karakter. Twitter membuat anda bisa tetap tersalurkan hasrat menulis dan tweet tersebut bisa dijadikan ide dasar tulisan atau judul blog anda berikutnya.

2. Tulis paling banyak 3 paragraph saja. Terlalu banyak orang akan berpikir untuk membacanya nanti-nanti.

3. Tulislah solusi dan bukan keluhan. Cuma guru yang ‘move on’ yang menulis solusi. Boleh saja anda menulis keluhan, namun ramu keluhan dengan solusi, kalau bisa dengan solusi yang sudah anda lakukan sendiri.

4. Rajin-rajin mengecek kata kunci apa yang datang ke blog anda. Kata kunci yang anda temukan bisa memberikan ide bagi judul atau materi tulisan yang pasti diminati oleh calon pembaca blog anda. Tulisan saya yang berjudul “Tanda-tanda guru profesional sebelum mengajar, ketika mengajar dan setelah mengajar” saya dapat dari koleksi kata kunci yang masuk ke blog saya

5. Gali ide menulis anda dari sumber yang dekat dengan anda. Jika di sekolah anda menemukan sesama guru yang susah atau anti terhadap perubahan, naah dari situ kita bisa membuat judul antara lain: ‘Cara mengubah rekan sesama guru agar mau berubah’, ‘5 tipe guru yang ada di sekitar kita’ dan ‘Mengapa. sebagai guru kita mesti adaptif terhadap perubahan’. Tentunya kita mesti berhati-hati agar tidak mengangkat sosok individu. Oh ya untuk konten atau isi dari tulisan anda bisa lakukan riset kecil-kecilan di internet. Dan jika memutuskan untuk mengambilnya silahkan menyertakan sumber.

Posted in Tak Berkategori

4 thoughts on “Tips menulis blog bagi guru yang sibuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s