Prinsip perubahan di sekolah
perubahan di sekolah dimulai dengan sapaan akrab dan obrolan ringan antar guru sebagai teman dan bukan teguran keras di rapat
Perubahan di sekolah perlu dipimpin oleh seorang yg fokus pd tujuan namun fleksibel dlm cara
Perubahan di sekolah itu bukan soal ganti ini ganti itu atau ganti siapa namun lebih pada kembangkan hal yg baru sama2, sebisa dan semampunya dan dikokohkan lewat sistem yang dibangun bersama
Kata `perubahan` mesti jadi hal yg akrab di telinga pendidik, berpikiran terbuka, modal utk jalani karier mengajar
Menjadi pendidik mesti rela jadi agen perubahan
Saat memilih jadi pendidik ya mesti siap berubah, sebaik2nya perubahan dilakukan secara bersama
Perubahan di sekolah perlu dipimpin oleh seorang yg fokus pd tujuan namun fleksibel dlm cara |
Guru dan RPP…Bagaimana ya…
Keduanya saling mememrlukan pak, coba terus pak utk menulis RPP yg bagus menurut versi and sendiri
saya juga sangat ingin membuar rpp menurut versi saya krn yang mengajar kan saya, ini kan membantu kreatifitas saya spy lebih kreatif ys pak
wow niat yang bagus sekali, silahkan mencoba dan lanjut terus usahanya untuk jadi guru yang profesional
#Inspiratif
Betul sekali bapak, hanya terkadang di situasi tertentu, perubahan itu terjadi hanya karena kondisi dan situasi yang “mengharuskan”. Terkadang, kesadaran diri akan perubahan lingkungan hidup dan kehidupan dalam proses pendidikan disekolah tidak diimbangi dengan kesadaran diri, yg bs jadi disebabkan karena sisi “egois” dan “ke-aku-an” yang berbicara. Disini peran penting komunikasi yg terkadang terabaikan. Seandainya kesadaran perubahan itu terjalin bersama, kebersamaan prinsip seorang pendidik serta kesadaran akan kemajuan bersama, saya yakin, perubahan tidak perlu lagi dicari, tp akn datang dengan sendirinya.
Saya jadi belajar banyak dari komentar mas Subki. Ada beberapa cara menguatkan komunikasi dan menyatukan pendapat.
– meeting yang reguler dan lakukan prinsip meeting dgn efektif.
– visi dan misi terus diartikulasikan oleh level pimpinan dalam tiap kesempatan, saat pengambilan keputusan besar visi misi mesti dijadikan acuan,
– pelatihan guru yg sifatnya team building perlu secara rutin dilakukan
Demikan mas Subki terima kasih sdh mampir
nice and good. Kunjungi balik web saya di jejaring.web.id. Tinggalkan komentar ya… terima kasih.
Fleksible yg saya maksud adalah bersedia lakukan pendekatan maupun langkah yg perlu disesuaikan dgn obyek atau individu yg diminta berubah
Pak Agus, tolong diperjelas lagi maksud dari flexible dalam cara!
Siap jadi agent of changes pak.
Salam Guru Pantura
Mantap pak Wahab, saya senang bisa menginspirasi
saya tertarik dengan bagan di atas, bisa dijelaskan lebih detail mengenai bagan tersebut pak?
Perubahan memerlukan faktor diatas dan jika salah satunya tdk ada maka perubahan tdk akan terjadi. Thanks komentarnya mas
oke banget pak Agus…perobahan harus dilakukan bersama sama, terutama oleh pemegang kekuasaan yaitu pemilik/ yayasan sekolah..masalahnya adalah mindsetmya yayasan kebanyakan profit oriented, akhirnya untuk mencapai tujuan tersebut faktor arogansi kekuasaan lah yg berbicara…
Padahal penamaan yayasan merujuk pada pengertian nirlaba aau tidak mencari keuntungan, atau jika ada akan dikembalikan kepada pelayanan.
Terima kasih Pak Jamil atas komentarnya
Bagaimana mwmberdayakan guru senior yg umurnya sudah diatas 45th. Karena ada sekolah swasta yg yysannya tidak menerima guru tersebut krn dianggap kurang efisien tenaganya
Salah satu alasan yang dikhawatirkan oleh yayasan swasta adalah guru di usia tsb sulit menerima hal yang baru, karena biasanya di umur tsb seseorang sdh punya keyakinan yang kuat mengenai cara mengajar tertentu sehingga sulit untuk diajak berubah