Belajar mengetahui mutu sekolah lewat cap yang diberikan orang tua siswa

Gambar

Promosi di sekolah swasta paling baik dan bisa dipercaya oleh kebanyakan orang tua siswa adalah lewat istilah yang disebut ‘mulut ke mulut’. Di jaman sekarang, jaman sosial media ini istilah dari mulut ke mulut (mouth to mouth) berubah menjadi ‘world of mouth’ tidak heran karena dengan cara copy and paste sebuah pernyataan, kalimat atau istilah bisa dengan cepat menyebar.  Sekolah mesti dengan baik dan mengerti untuk dengan cepat memanfaatkan momen ini. Cara terbaik adalah dengan mengerti terlebih dahulu istilah yang biasa digunakan oleh orang tua siswa dalam menilai sebuah sekolah. Berikut cuplikannya

“Sekolah itu disiplin nya bagus”

Artinya; Sekolah dipandang bisa mengatasi masalah kedisplinan yang biasa menghinggapi siswa kelas 7 ke atas. sekolah dianggap punya sistem yang baik dalam mengelola perilaku siswanya.

“Sekolah itu manajemen nya kurang”

Artinya: orang tua siswa menganggap pengelolaan sekolah mengecewakan, utamanya masalah komunikasi. Sekolah tipe seperti ini dianggap orang tua siswa nya memperlakukan sekolah seperti PT atau badan usaha yang sifatnya hanya mencari untung dan kurang bisa merangkul semua pihak untuk bekerja sama dalam mewujudkan sekolah yang baik

” Sekolah itu gurunya bagus-bagus”

Artinya: Guru dan orang tua siswa kompak dalam mengelola pembelajaran dan perilaku murid. Guru dipercaya penuh oleh sekolah untuk berkomunikasi secara sehat dengan orang tua siswa. Guru juga jadi percaya diri karena haknya diperhatikan oleh sekolah dan merasa sebagai guru diperhatikan oleh sekolah tempat ia mengajar.

“Sekolah itu mahalnya aja”

Artinya: Orang tua siswa merasa harga yang sudah dibayar kepada sekolah tidak sebanding dengan kegiatan yang sekolah adakan untuk membesarkan potensi siswa. Sekolah lebih sibuk berkonsentrasi pada akademis semata dan terkesan irit untuk mengalokasikan dana demi peningkatan proses belajar mengajar siswa dan guru.

“Sekolah itu manajemennya keras kepala”

Artinya: orang tua siswa merasa orang-orang yang mengatur sekolah tidak mau mendengar, jika di komplain iya-iya saja tanpa jalan keluar, semau-maunya sendiri dan merasa paling tahu tanpa mau mendengar saran dari orang lain bahkan orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di situ.

“Sekolah itu jahat/kejam terhadap gurunya”

Artinya: Orang tua siswa bisa menganggap seperti itu karena dari cerita guru mereka mengetahui bahwa guru-guru anaknya diperlakukan dengan tidak manusiawi dalam gaji misalnya atau hal lain yang menyebabkan orang tua siswa mempertanyakan kualitas pengelolaan sekolah. Bisa juga terjadi karena banyaknya guru yang keluar di akhir tahun ajaran, orang tua bisa dengan cepat mengatakan hal di atas apalagi jika kemampuan komunikasi dari pihak sekolah minim. Ucapan diatas biasa dikatakan oleh  orang tua yang yakin bahwa guru adalah ujung tombak sekolah yang baik.

” sekolah hanya bagus fisiknya saja”

Artinya: Orang tua siswa menganggap bahwa fisik sekolah yang bagus da mentereng tidak sebanding dengan pengelolaan kegiatan pembelajaran di dalamnya. Komunikasi antar guru, sekolah dan orang tua tidak tertata dengan baik, keluhan orang tua bukannya di selesaikan malah dipertanyakan, dan masih banyak lagi rasa frustasi orang tua siswa.

Demikian sekelumit istilah atau sebutan yang saya pernah dengar. Anda punya istilah lain? atau ingin saya bantu mengartikan istilah yang anda pernah dengar? yuk berbagi lewat kolom komentar

One thought on “Belajar mengetahui mutu sekolah lewat cap yang diberikan orang tua siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s