Menjadi pembicara yang andal? Ini tipsnya

Presentasi

Di jaman sepert ini semua profesi mesti siap diminta presentasi. Sebagai guru apalagi, mesti siap jika kepala sekolah minta ia untuk berpresentasi di depan sesama guru, di depan orang tua siswa atau di depan orang yang tidak dikenal sekali pun. Berdasar kan riset ternyata ‘berbicara di depan umum ‘ adalah hal nomor satu yang ditakuti oleh banyak orang. Dengan demikian penting kiranya  bagi anda pembaca blog saya untuk senang dan mau berlatih berbicara di depan umum.  Berikut ini caranya.

Sebelum berpresentasi

  • Kenali temanya. Sebuah tema penting untuk digali dan dicarikan apa saja yang menyangkut tema tersebut. Buat peta pikiran untuk membuat semua hal yang berhubungan dengan tema menjadi satu kesatuan. Peta pikiran adalah cara seseorang membuat sebuah hal yang menjadi tema besar dihubungkan satu sama lain dengan kata kunci
  • Dengarkan instruksi dari orang yang meminta anda berpresentasi. Saat diminta presentasi terkadang hati ini senang dan jadi lupa untuk jadi pendengar yang baik. Saat berhadapan dengan orang yang meminta kita presentasi  dengarkan harapannya. Catat hal yang penting sambik terus mendengarkan saat ia berbicara dengan demikian anda dapat kesempatan untuk berbuat yang terbaik dalam mempersiapkan.
  • Belajar berbicara dengan bahasa resmi dalam setiap kesempatan. Di ruang guru terkadang kita sering terbawa untuk mengobrol akrab dengan sesama guru sehingga lupa untuk berbicara dengan bahasa resmi dan formal. Bukan berarti saya sarankan anda untuk jadi orang yang serius setiap saat, toh bercanda juga bisa dalam suasana yang formal.
  • Jawab pertanyaan ini, apa yang ingin anda sampaikan kepada audiens? Buatlah dalam 1 kalimat singkat. Buat saya di awal-awal ternyata tidak mudah untuk menjawab pertanyaan ini dikarenakan saking bergairahnya saya jadi tidak bisa membuat tujuan presentasi bahkan dalam satu kalimat singkat. Dengan membuat kalimat singkat anda jadi focus dalam merencanakan presentasi. Jawabannya misalnya ‘supaya audiens yang hadir tahu betapa pentingnya menjadi guru yang proaktif dan kreatif di jaman sekarang’ atau ‘saya ingin member tahu audiens betapa menjadi orang tua sekarang banyak sekali tantangannya’
  • Cari dan unduh video yang berhubungan dengan materi anda. Sebuah video yang  disajikan saat workshop tidak mesti selalu video yang membuat mata berlinang khas para motivator dalam membangkitkan semangat atau video lucu yang membuat audiens katakan, video lucunya lagii doong.. Video yang berhubungan bisa ditambahkan dengan penjelasan anda pada audiens sehingga mereka menjadi mengerti.
  • Buat power point dengan format 4; 6 dalam satu slide, cukup 4 point dan 6 kata dalam satu kalimat. Perbanyak gambar yang berhubungan dijamin membuat audiens anda terinispirasi
  • Istirahat dan tidur yang cukup itu penting dalammepersiapkan kondisi yang fit saat berpresentasi maklum kemungkinan besar anda tidak akan duduk selama presentasi dan mesti siap antusias selama presentasi .
  • Siapkan laptop anda di rumah serta pastikan smua video atau file yang diperlukan siap dipertunjukkan
  • Hubungi panitia apa saja yang diperlukan saat presentasi agar bisa dipersiapkan terlebih dahulu.

Saat presentasi

  • Datang setengah jam lebih awal, ini penting karena anda jadi tahu jika ada kesulitan di lapangan juga penting bersilaturahmi dengan pihak penyelenggara, hasil obrolannya penting untuk mengetahui medan atau sampai dimana pengetahuan audiens yang akan hadir.
  • Tebarkan senyum jadilah orang yang akrab namun serius saat berpresentasi. Saat anda menyenangkan sebagai pribadi apapun yang anda katakan saat berpresentasi orang akan mendengarkan.
  • Hormati yang lebih tua dan mengerti pada yang lebih muda. Tanpa kedua prinsip ini anda akan jadi bulan-bulanan orang yang lebih senior di tempat anda berpresentasi dan mudah cepat marah jika ada orang yang lebih muda nyeletuk dan lain sebagainya
  • Terapkan formula ini tiap 20 menit berbicara anda selingi dengan kerja kelompok atau melihat tayangan. Terlalu banyak menonton tayangan anda akan dianggap tidak serius, terlalu banyak ceramah anda akan dianggap sok serius.
  • Sedia minum untuk diri sendiri atau minum  selagi sempat. Ini akan membuat otak anda cerdas dan cermat dalam berpikir dan selalu mempunyai ide.
  • Selalu selesai lebih cepat dari waktu yang ditentukan, sekitar 10 sampai 5 menit sebelum waktu habis boleh juga anda akhiri sebagai cara untuk membuat audiens nyaman dan tidak gelisah. Segera setelah selesai anda juga boleh membereskan peralatan sambil ngobrol kecil dengan peserta

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s