Tips melaksanakan PPL dengan sukses (penting bagi yang mau praktek mengajar)

PPL atau praktek kerja lapangan menjadi ajang bagi seorang calon guru yang masih berada di perguruan tinggi untuk mencoba keterampilannya mengajar. Idealnya memang seperti yang terjadi di @USBI semua calon guru mesti sering-sering menyambangi kelas yang sebenarnya. Dimulai dengan observasi, jadi asisten guru sampai jadi guru beneran. Lewat twitter dan email saya sering banyak dapat pertanyaan dan masukan mengenai bagaimana seorang calon guru laksanakan PPL di sekolahnya. Sengaja saya sertakan beberapa akun guru di twitter yang memberikan tips dan pengalaman lapangannya berkaitan dengan PPL ini. Berikut adalah pemaparan saya, mudah-mudahan berkenan dan anda guru yang sudah senior boleh juga urun saran di kolom komentar ya

Persiapan apa saja yang mesti dilakukan agar PPL sukses

  • Istirahat dan tidur yang cukup
  • Konsultasikan RPP sebelumnya dengan guru pamong, hindari menganggap RPP anda yang terbaik di dunia hehe, masukan dari guru pamong sangat berharga, meski dari hati kecil anda menolak, iya kan saja. Dijamin guru pamong akan terus membantu anda semampu yang beliau bisa.
  • Hindari menggunakan RPP yang kopas atau unduhan dari internet, dijamin tidak ada orang yang percaya anda bisa membuat RPP sebagus itu, lebih baik buat saja sendiri. Guru pamong akan terkesan oleh usaha keras anda menjadi guru yang mandiri, guru yang membuat RPP nya sendiri.
  • Intonasi suara mesti jelas saat mengajar, pastikan anda berjalan di sekeliling ruangan dan tidak duduk saja di balik meja.
  • Alat peraga dan media pembelajaran mesti ada dan dikonsultasikan pada guru pamong

Kegiatan pembelajaran apa yang cocok saat PPL

  • Pikirkan dahulu berapa jam anda akan mengajar, semua kegiatan pembelajaran punya komposisi 20% opening pembukaan, 60% kegiatan pembelajaran dan 20% refleksi atau wrap up
  • Saat PPL calon guru bisa sangat gugup karena membayangkan mesti bicara apa selama satu atau dua jam penuh. Naah, sekarang pertanyaannya yang dibalik, bukan mau bicara apa, menjadi aktivitas apa yang akan dikerjakan murid selama 2 jam.
  • Anak-anak sekarang lebih suka aktivitas daripada ceramah yang panjang dan berlama-lama, saatnya pikirkan aktivitas yang pas sesuai waktu.
  • @rizkimahrani: guru mendongeng fabel, anak-anak tanggapi tokoh dan membuat wayang dari kertas, anak bercerita kembali dengan wayangnya
  • @arie_aria_w: Kasih aktivitas, buat drama singkat, puisi duet atau dialog in English dalam waktu 30 menit, sisanya pentas.
  • @patrick_elegan_: pertama ngajar  blank mo ngapain di kelas, tipsnya sebelum PPL searching video pembelajaran di youtube biar ada gambaran
  • Sedikit bicara = sedikit demam panggung, banyak aktivitas = guru kelihatan ‘PD’

Bagaimana membangun relasi dengan guru pamong yang ada di sekolah tempat anda praktek mengajar

  • @rizkimahrani: guru pamong saat  PPL juga mengajak sharing tentang apa yang mau saya ajarkan, dan mereka memberi ide pembelajaran, so nice🙂
  • @rizkimahrani:   3 th lalu guru pamongnya sangat membantu, saya dikasih waktu untuk latihan dengan anak-anak sebelum dosen penilai datang *hugs
  • Posisikan diri sebagai mitra sejajar sekaligus juga murid pada guru pamong, maka situasi komunikasi akan terjalin dengan baik

Mengatasi demam panggung saat PPL

  • Jika demam panggung sebelum mengajar, terima saja, sambil persiapkan diri, deg-degan tanda anda ingin tampilkan yang terbaik, biasanya demam panggung baru terasa biasanya saat mengajar anak SMA, maklum usianya tidak terpaut jauh
  • Ciri demam panggung melanda, jam di kelas tiba-tiba jarum panjangnya lamaa sekali bergerak
  • Demam panggung bahkan sudah dimulai saat menulis RPP, biasanya karena membayangkan bicara selama 2 jam pelajaran
  • @suryandz: Tarik nafas panjang sebelum masuk kelas itu sangat membantu🙂
  • @MissMakiah: rule: mengerti materi apa yang hendak disampaikan.nervous saat PPL lebih sering diakibatkan kurang persiapan
  • @willysinggih: demam panggung? Persiapan dan penguasaan materi yang mantap, siapkan aktivitas ringan yang melibatkan seluruh kelas
  • @maryamnar: nervous yang wajar sekitar 5-10 menit jika ‘plan’ dbuat baik danakan berlangsung lama jika’plan’ amburadul atau malah tidak dibuat
  • Sedikit bicara = sedikit demam panggung, banyak aktivitas = guru kelihatan ‘PD’
  • Latihan untuk tidak demam panggung, ngomong sendiri di depan laptop, direkam terus diputar ulang
  • Demam panggung berawal dari perasaan bahwa gurulah pusat dari pembelajaran di kelas, padahal guru dan siswa posisinya sama

Bagaimana jika sesuatu yang mendadak terjadi saat anda sedang praktek mengajar

  • Berikut ini cerita dari akun @la_budza: RPP udh oke. Kelas udh ‘kepegang’. Tiba2 guru lain dtg: “ayo anak2 keluar! Foto buat rapor!” *hancur lsg hari sang guru .
  • Jika ada hal diluar kendali terjadi, tetaplah tenang sambil ikuti saja situasi yang terjadi, maklum anda adalah tamu di sekolah tersebut.
Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s