Meneguhkan alur komunikasi dan mengatasi complain (keluhan) di sekolah

Gambar

Alur komunikasi di sekolah sangat penting  dalam membuat sebuah sekolah sehat dan efektif. Jika alur komunikasi tersumbat maka hujan complain akan berdatangan. Sekolah swasta yang mengandalkan pemasukan dari SPP siswa mesti siap untuk terus mendapatkan masukan dari orang tua siswa dengan segala macam bentuk dan cara. Bentuk atau cara yang dimaksud adalah

  • Keluhan lewat buku komunikasi atau website sekolah
  • Keluhan langsung kepada admin, guru atau kepala sekolah
  • Keluhan pada saat rapat guru dan orang tua
  • Keluhan yang dibuat oleh orang tua siswa di media massa (ini yang paling gawat)

Mari terlebih dahulu mengartikan keluhan orang tua siswa sebagai masukan. Dengan demikian pengertian komunikasi di sekolah bertujuan untuk secara aktif sekolah menjadi institusi yang dengan sadar dan terencana bisa menyampaikan maksud dan tujuan, hubungannya dengan penyelenggaraan pendidikan yang baik di sekolah.  Saat yang sama komunitas sekolah juga gampang dan mudah menyampaikan keluhan, masukan atau pujian kepada pihak sekolah.

Beberapa cara berkomunikasi yang biasa terjadi di sekolah

  • Surat menyurat (undangan serta pemberitahuan, kalender pendidikan dan lain-lain)
  • Memo untuk hal yang dimaksudkan untuk mengingatkan orang tua atau siswa  
  • Rapat dengan segala jenisnya (rapat seluruh orang tua, rapat dengan orang tua yang anaknya perlu dukungan dll)

Beberapa prinsip untuk meneguhkan alur komunikasi yang baik di sekolah adalah.

  • Semua surat yang ditujukan pada  orang tua siswa selalu di cek tata bahasanya oleh kepala sekolah atau orang yang berwenang
  • Surat yang keluar arsipnya mesti dimiliki oleh sekolah
  • Surat yang keluar juga diketahui oleh bagian lain misalnya bagian admin, agar satu kata jika terjadi pertanyaan

Jika sebuah keluhan terjadi, maka pihak sekolah mesti berusaha untuk mencari solusi sebagai berikut

  • Jika menyangkut guru, kepala sekolah segera panggil guru yang bersangkutan dan disampaikan apa yang menjadi complain dengan cara tetap menjaga harga diri guru
  • Hindari kepala sekolah menjadi penengah selalu jika terjadi konflik antar guru dan orang tua
  • Segera beri penjelasan kepada orang tua yang merasa punya masalah dengan sekolah
  • Biasakan guru menelepon orang tua lewat nomor telepon sekolah (karena berpengaruh pada kewibawaan sekolah jika guru terbiasa menelepon dengan nomor pribadi )
  • Keluhan di atasi bukan untuk mencari siapa yang salah namun lebih kepada hal apa yang bisa dipelajari dan ditingkatkan lewat keluhan ini
Posted in Tak Berkategori

One thought on “Meneguhkan alur komunikasi dan mengatasi complain (keluhan) di sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s