Cara menumbuhkan nuansa kreativitas di kelas

Teaching creativity is like teaching writing. Can’t teach it if we don’t practice it ourselves!


@humekaren

Kreativitas menjadi hal yang banyak diperbincangkan saat ini oleh segala kalangan. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pendidik yang kreatif akan membuat siswa jadi senang belajar dan betah melakukan kegiatan di sekolah. Murid yang kreatif akan membuat guru senang mencoba hal baru dan merasa ‘dirinya’ berarti sebagai guru.

Bagaimana caranya supaya nuansa kreativitas tumbuh di kelas?

  • Guru sering gunakan pendekatan pembelajaran dengan bekerja sama (collaborative learning) Harap diingat tidak berarti siswa duduk dalam grup itu berarti belajar dengan bekerja sama (collaborative learning)
  • Guru mesti bersiap dan terbiasa dengan jawaban-jawaban aneh dan eksentrik dari siswa
  • Sekolah dan guru perlu menyesuaikan diri jika murid mengusulkan atau demi agar siswanya kreatif. Bisa lewat perubahan peraturan dll
  • GAGAL itu BIASA, siswa perlu disadarkan bahwa kegagalan itu adalah hal yang biasa agar murid senang mencoba lagi, yang tidak biasa jika anak tidak mau mencoba lagi dan jadi patah semangat.
  • Hindari memberi soal pilihan ganda pada siswa. Memberikan soal dengan hanya satu jawaban yang benar akan membuat imajinasi siswa tumpul.
  • Gurunya mesti kreatif dahulu baru murid akan mengikuti
  • tempel gambar orang-orang kreatif di kelas, dengan demikian pahlawan dalam benak mereka bukan cuma pahlawan yang kita kenal sekarang, namun juga menyertakan kaum kreatif dan inovator di bidang masing-masing
  • kreativitas memerlukan keberanian dan perasaan nyaman. Apakah perasaan nyaman bersikap tanpa dihakimi ada di kelas-kelas yang kita ajar?
  • guru yang seringnya berceramah akan membuat siswa tidak kreatif, wahai guru banyaklah mendengar dan murid anda akan ‘nyaman’ untuk jadi kreatif

Menjadi kreatif adalah sebuah proses untuk itu pernyataan dibawah ini layak dicermati.

Less talk, more storytelling? Less teacher talk, more teacher listening greatly enhances student creativity


@iCONN

3 thoughts on “Cara menumbuhkan nuansa kreativitas di kelas

  1. pak giman dengan kurangnya minat belajar siswa,,

    bagai mana harapan bapak terhadap kurangnya minat belajar siswa dan bagai mana kenyatannya apa kah sesuai dengan hararapan yg ada??

    1. Minat belajar kurang bisa karena banyak hal, utamanya guru mesti mawas diri apakah hal yang ia lakukan sudah cukup menarik dalam membuat siswa gemar belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s