Cara mengatur irama pembelajaran

Tadi bapak katakan bahwa “mengatur irama pembelajaran” yang saya ingin tanyakan bagaimana cara kita untuk mengatur irama belajar itu dan berikan contoh nya terima kasih

Pertanyaan dari

Jenjenmuhaidin@yahoo.co.id

Cara guru mengajar itu bermacam-macam. Ada yang senangnya galak untuk membuat siswa patuh atau ada yang demokratis serta naik turun dalam mengatur siswa nya. Irama pembelajaran adalah irama di mana siswa melakukan serangkaian kegiatan dalam satau atau dua jam pembelajaran.

Saya garis bawahi kata ‘kegiatan’ karena dalam 2 jam pembelajaran semestinya lah terjadi kegiatan yang beragam dan tidak monoton.

Irama yang saya maksud adalah;

Dalam kegiatan pembelajaran

  • aktivitasnya bermacam-macam, ada kalanya siswa duduk, mendengarkan, berdiri, tanya jawab dengan guru, berdialog dengan sesamanya sampai games yang membuat mereka segar.
  • siswa tidak melulu mengerjakan LKS atau worksheet namun ada kalanya juga mengerjakan hal yang lain secara bersama-sama atau sendiri
  • guru tahu kapan mesti berhenti, mendengarkan, berbicara lantang sampai berbisik.

  • guru tahu kapan mesti berkeliling, berdiri di depan sampai mendekati siswa yang membutuhkan dukungan
  • guru tahu kapan mesti bertanya, meminta jawaban sampai mengajukan berjenis pertanyaan yang berbeda tingkat penalaran nya
  • guru melakukan tindakan menggolongkan, mana murid yang perlu bantuan mana murid yang sudah bisa dilepas dan mana murid yang akan selesai duluan
  • dalam memberikan soal guru tahu apakah akan selesai dalam waktu yang ditentukan, kira-kira apakah soal ini terlalu sulit atau terlalu mudah

Dalam mengatur siswa

  • guru tahu kapan mesti tegas, menegakkan peraturan sampai kapan mesti memuji bahkan tahu kapan meminta bantuan kepada siswa
  • guru mengerti kapan mesti menegakkan budaya sampai tahu kapan mesti menghentikan kegiatan pembelajaran jika ada hal yang serius yang mesti mendapatkan perhatian siswa

Bagi seorang guru mengatur irama di kelas memerlukan

  • stamina dan tidur yang cukup
  • persiapan alat mengajar dan pengetahuan kurikulum
  • masuk lebih awal di kelas untuk mempersiapkan
  • membayangkan skenario atau rencana A, B dan C
  • tahu mesti membantu siswa yang mana atau mengawasi siswa yang mana (dalam masalah perilaku dan akademis)

Mengatur irama pembelajaran bukan milik guru senior atau sudah lama mengajar. Ia adalah milik guru yang mau belajar dan mengajar dengan hati.

Mari sama-sama mencoba

4 thoughts on “Cara mengatur irama pembelajaran

  1. suka dengan share yang ini pak Agus , sebagian sudah dilakukan pastinya , dan saran Pak Agus tentu akan melengkapi . guru dalam mengajar jangan hanya menerangkan sambil duduk ,mungkin boleh saja pada pertengahan waktu , ketika siswa kelihatan lelah > ajak aja goyang bebek 5 menit supaya siswa bersemangat lagi ,dan setelah itu kondisi siswa pasti menjadi fres lagi , mksh pak Agus sudah dibagi ilmu .

    1. Minta ia mengulang jawabannya dengan pertanyaan ‘maksud kamu bagaimana, ibu kurang jelas’ dengan demikian ia akan berpikir ulang untuk menjawab sekedarnya saja tanpa dipikirkan terlebih dahulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s