Ciri-ciri rapat yang efektif di sekolah

Rapat bisa jadi sangat menyebalkan jika sekolah tidak mengatur dengan baik. Guru akan merasa waktunya terbuang sementara pimpinan sekolah merasa sia-sia saja mengumpulkan guru karena banyak keputusan atau instruksi tidak berjalan dengan baik di lapangan.

Beberapa ciri rapat yang baik adalah

Dalam hal perencanaan.

  • punya waktu yang rutin, berlangsung dalam waktu yang paling lama 2 jam
  • jika mendadak bisa dilakukan sambil berdiri, hanya untuk menyampaikan hal yang penting
  • punya agenda yang diberitahu 3 hari sebelumnya, dikirim lewat email dan tertulis.
  • meminta secara khusus pada pesertanya jika diminta membawa sesuatu.
  • Jika berlangsung lama disiapkan siapa yang akan menggantikan guru jika punya jadwal mengajar

Dalam hal jalannya rapat.

  • kepala sekolah hanya bersikap sebagai fasilitator, jika ia berbicara terlalu banyak situasi akan tidak kondusif
  • membuat kesepakatan, tidak ada yang berbicara saat rekan guru lain sedang berbicara
  • hindari membagikan kertas yang banyak saat meeting, lebih baik beri akses ke google drive document yang bisa diakses bersama

banyak cara untuk menjadikan rapat sebagai cara untuk menyampaikan hal yang penting. Ciri sekolah yang sehat apat terjadwal dan semuanya diputuskan dalam rapat. Tidak ada hadirin yang mempertanyakan keputusan saat diluar rapat. Menurut anda sendiri bagaimana sikap seorang guru agar rapat di sekolah berjalan dengan lancar dan efektif? mari berbagi di kolom komentar

Posted in Tak Berkategori

3 thoughts on “Ciri-ciri rapat yang efektif di sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s