Beberapa kesalahan yang dilakukan guru saat di awal tahun ajaran baru

Di tahun ajaran baru adalah saat yang tepat untuk menjadi sesorang yang bersemangat. Ada guru yang semangat karena akan bertemu dengan muridnya yang sama sekali baru atau murid yang bersemangat karena akan bertemu dengan teman baru atau teman yang lama tidak bertemu karena liburan. Saking antusiasnya guru menjadi lalai dalam meneguhkan sendi-sendi yang penting dalam membuat satu tahun ajaran menjadi tahun ajaran yang sukses dan bermakna. Sukses yang saya maksud adalah kelas menjadi tempat dimana guru dan siswa menjadi dua individu yang bahu membahu dalam membuat suasana menjadi kondusif untuk digunakan sebagai tempat belajar mengajar.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan guru di saat tahun ajaran baru.

– Langsung mengajar dan memberikan materi padahal murid masih belum siap menerima pembelajaran
Jika guru memilih untuk langsung memberikan materi pelajaran pada siswa di hari-hari pertama berarti ia melupakan bahwa di minggu pertama baik siswa dan guru ada dalam tahap penjajakan satu sama lain.
– Melupakan sikap tubuh dan cara bersikap di minggu pertama. Bagaimana cara guru menyapa muridnya sangat berpengaruh pada pola hubungan antara keduanya. Sapalah murid di pintu kelas semenjak di hari pertama dan seterusnya. Tampilkan sikap tubuh dan bahasa lisan yang positif sambil terus keduanya dijadikan kebiasaan yang baik selama satu tahun ajaran.
– Melewatkan kesempatan emas untuk membangun ‘budaya’ di kelas. Membangun budaya erat kaitannya dengan membangun kebiasaan yang baik. Kebiasaan yang baik di kelas bisa meliputi menghargai orang yang sedang bicara, memanggil dengan sebutan yang baik, menjaga volume suara selama di dalam kelas sampai kebiasaan untuk selalu menghasilkan yang terbaik dan tepat waktu.
– Enggan mencari dukungan professional yang siap membantu kapan saja jika dibutuhkan. Jaman sebelum ada twitter dan facebook guru senior jadi andalan dalam mencari pengetahuan. Sekarang tinggal klik anda bisa tanya hal apa saja di twitter pada sesama guru. Saat yang sama jika anda punya facebook dan tergabung pada salh satu komunitas guru anda bisa ikut diskusi dan bertanya mengenai isu terkini dalam dunia pendidikan.

Posted in Tak Berkategori

4 thoughts on “Beberapa kesalahan yang dilakukan guru saat di awal tahun ajaran baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s