Guru dan Administrasi, Memberatkan atau Saling Melengkapi?

Guru dan administrasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, keduanya saling mendukung dan saling memfasilitasi. Saat di PLPG saya mendengar celetukan rekan guru yang mengatakan bahwa jika guru hanya mengurus administrasi terus maka kapan mengajarnya? Rupanya bagi guru tersebut administrasi adalah RPP dan silabus kegiatan membuat membuatnya adalah sebuah hal yang menyita tenaga waktu bahkan menyita suasana hati.

Sekarang apa sih yang dimaksud administrasi buat seorang guru? Ada beberapa jawaban yang akan muncul, sepanjang pengalaman saya mengajar, kata administrasi menurut seorang guru adalah sebagai berikut;

 

·      Semua yang berhubungan dengan kertas-kertas bertumpuk dan ada deadline nya

·      Semua yang nantinya akan diperiksa oleh kepala sekolah atau pengawas

·      Dokumen pekerjaan siswa yang mesti diperiksa

·      Semua yang berhubungan dengan akreditasi sekolah

·      Semua yang berbau RPP dan silabus

·      Semua yang membuat guru tidak bisa tidur dan tidak enak makan dalam memikirkannya

·      Raport siswa yang mesti diisi

 

Nah semua informasi di atas adalah menurut saya dan bagaimana menurut anda.? Yuk sama-sama berbagi menurut anda apa yang disebut sebagai administrasi bagi seorang guru.

2 thoughts on “Guru dan Administrasi, Memberatkan atau Saling Melengkapi?

  1. sebenarnya administrasi itu adalah kelengkapan alat bagi guru , karena guru klo tak membuat administrasi tentu akan terlihat tidak siap didepan kelas , apalagi guru sma ato smk yang dihadapi anak – anak yang beranjak dewasa, yang sedang mencari jati diri , dalam mencari jati diri anak – anak itu bisa berkaca pada gurunya disekolah , ato orang tuanya dirumah ,bila ada persiapan tertulis guru akan lebih terbantu dalam proses kbm , guru akan terkesan lebih pandai dari muridnya , ( padahal guru hanya lebih pandai semalam ) saja dari muridnya > karena malam sebelum mengajar guru mempersiapkan diri , untuk pelajaran yang akan diajarkan kepada muridnya esok hari , maka antara guru dan administrasi adalah saling melengkapi .

    1. Setuju bu Retno saat ini ukuran guru yang baik, bukan seberapa baik pribadinya, namun lebih pada seberapa baiknya ia mempersiapkan diri utk mengajar di depan kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s