Pembelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika di Sekolah Dasar (oleh-oleh dari PLPG)

Saat PLPG guru yang menjadi peserta mendapatkan 4 jam topik mengenai mata pelajaran yang biasa diajarkan sebagai guru kelas di SD. Dosen yang memberikan materi adalah orang yang mumpuni dibidangnya mereka sibuk memberikan arahan bagaimana seharusnya pembelajaran mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika disajikan di kelas. Berikut ini saya sajikan ringkasannya untuk anda.

Mata pelajaran IPA

Dalam mata pelajaran IPA hal yang dibahas adalah mengenai miskonsepsi, salah kaprah atau salah paham mengenai beberapa fakta dalam bidang sains misalnya

  • cicak menempel di dinding karena kakinya ada lem, padahal karena ada ribuan gelembung kecil yang menghisap prmukaan
  • Paus disamakan dengan Hiu, disebut ikan
  • tanaman diletakkan diluar rumah pada malam hari, takut ada CO2nya, padahal dengan bantuan lampu fotosintesis tetap terjadi
  • amuba & bakteri dijadikan contoh hewan yang membelah diri

Mata Pelajaran IPS

Mata pelajaran IPS atau social science juga dibahas saat saya mengikuti PLPG, beberapa hal yang saya bisa sampaikan pada anda antara lain

  • guru mesti membentuk manusia yang berkarakter, jadi ubah cara mengajar dengan meminta anak menghapal saja
  • Saatnya mengajar IPS dengan cara belajar open ended: banyak cara menjawab atau banyak jawaban yg benar
  • Menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar (kenampak- an alam, koperasi, kantor kepala desa, informasi kependudukan.
  • Memanfaatkan Nara Sumber, surat kabar bekas dan peristiwa yang baru terjadi sebagai sumber belajar IPS

Matematika

Saat membahas mata pelajaran Matematika pikiran saya disegarkan mengenai pentingnya anak siswa SD belajar matematika dengan benar dari guru yang juga paham mengenai prinsip dasar matematika. Materi yang diberikan antara lain ;

  • Pelajaran Matematika membutuhkan kelas yang gurunya bisa membuat murid berpikir untuk cari kemungkinan-kemungkinan dan tidak sekedar hafal rumus
  • Pelajaran Matematika sangat terbantu oleh simbol dan sifatnya yang konsisten, jadi anggap ia sebagai ‘seni’
  • Pelajaran Matematika terdiri dari unsur yang tidak terdefinisi, unsur yang didefinisikan, aksioma serta dalil atau rumus
  • Pelajaran Matematika di SD menggunakan prinsip spiral, dari konkrit ke abstrak, dari mudah ke susah

Bahasa Indonesia

Dalam materi mengenai bahasa Indonesia, guru-guru yang hadir di segarkan mengenai pentingnya membelajarkan siswa bagaimana berbahasa Indonesia dengan cara yang kreatif. Kenyataan bahwa nilai UAN Bahasa Indonesia banyak yang dibawah rata-rata benar-benar membuat kaget kalangan pendidik. Untuk itu beberapa pokok dalam pembelajaran bahasa Indonesia diulas antara lain;

  • Pembelajaran bahasa Indonesia yang kreatif; bisa memperkuat karakter anak, karena berbahasa bisa tingkatkan rasa percaya diri
  • Pembelajaran bahasa Indonesia kreatif; guru sekuat tenaga berikan siswa ‘pengalaman’ dalam berbahasa
  • Pembelajaran bahasa Indonesia kreatif; guru memilih bahasa saat beri intruksi, berbicara sehari2 dengan siswa, supaya siswa terinspirasi
  • Keterampilan berbahasa sngt penting dalam pembelajaran kreatif, ia sangat membantu saat murid diminta lakukan wawancara, berpresentasi sampai berpidato memaparkan pemikirannya di kelas
  • Pembelajaran bahasa Indonesia kreatif; sekuat tenaga guru jadikan murid ‘terampil berbahasa’ biasakan buat jurnal, cerita kunjungan dll
Posted in Tak Berkategori

2 thoughts on “Pembelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika di Sekolah Dasar (oleh-oleh dari PLPG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s