Resep lakukan praktek mikro teaching dengan sukses

Saat seorang guru ingin melamar untuk menjadi seorang pengajar di sebuah sekolah setelah lolos tes ini dan itu, tes selanjutnya adalah melakukan mikro teaching. Dengan mikro teaching seorang guru dilihat seberapa efektifnya ia sebagai seorang guru dalam merencanakan dan melaksanakan pengajarannya di kelas. Sebagai sebuah praktek micro teaching juga berguna sebagai sarana sesama guru untuk saling belajar. Terbukti saat PLPG yang berlangsung 10 hari, sebanyak 300 an peserta dibagi menjadi kelas berisi 30 orang, kemudian akan dibagi lagi untuk melakukan mikro teaching menjadi 10 orang. Berikut ini adalah gambaran persiapan dan pelaksanaanya mudah-mudahan berguna saat anda ingin lakukan mikro teaching.

Persyaratan teknis mikro teaching;

  • Ada guru dan peserta yang berperan sebagai murid. Kalau anda kenal dengan peserta yang akan jadi muridnya, boleh kompakan dulu, siapa yang mau jadi anak yang ‘aktif’ sampai yang ‘lambat’ belajarnya.
  • Ada Silabus sebagai kerangka kerja dan RPP sebagai peta dan penjelasan tahap demi tahap dalam pembelajaran.
  • biasanya durasinya 20 sampai 35 menit, satu RPP tuntas dijalankan

beberapa hal lain yang patut menjadi perhatian adalah;

  • Micro teaching membutuhkan guru yang konsisten, jika RPP nya menggunakan model inkuiri namun jangan sampai saat praktek mengajarnya ‘ceramah’nya  justru malah banyak dan mendominasi.
  • Ukuran keberhasilannya pada seberapa aktifnya kelas, bukan RPP silabus yang segunung
  • Micro teaching ukuran keberhasilanya ada pada melibatkan siswa, penggunaan media & strategi belajar
  • jika anda akan mengajar anak TK semakin aktif suasananya, semakin berhasil anda
  • pilih waktu pengajaran anda, jika memilih waktu pagi hari maka berikan suasana pagi hari saat mikro teaching misalnya dengan membuat yel yel khas pagi hari, jika anda memilih memeragakan pelajaran di siang hari jangan langsung memulai pelajaran, selingi dengan permainan dulu 3 menit baru dimulai pelajaran.
  • Boleh juga bawa makanan kecil, atau stiker sebagai hadiah bagi kuis dadakan saat mikro teaching, dijamin peserta yang jadi murid anda akan riang gembira.

Hal yang saya lakukan saat melakukan praktek mikro teaching adalah;

  • mempersiapkan Silabus dan RPP mata pelajaran, kebetulan saya memilih pembelajaran bahasa Indonesia
  • saya mempraktekan semboyan ‘begin with the end in mind’, yang saya inginkan adalah murid (peserta) bisa melakukan penulisan kreatif  mengenai cara penanggulangan sampah dengan stimulasi  lewat video clip ‘Toughest Place to be a Bin Man’.
  • Membuka pembelajaran seperti biasa, lakukan apresepsi, minta murid untuk melakukan game round robin, berdasarkan gambar yang berbeda soal sampah, murid diminta untuk menuliskan kata kunci sebanyak-banyaknya, ini berguna agar murid mendapatkan kosa kata dan ide sebanyak-banyaknya soal sampah.
  • Menyiapkan alat peraga, saya menyiapkan gambar-gambar dalam kertas A3, peraturan menulis untuk kelas 4 (pengunaan tanda baca dan lain sebagainya)  termasuk gambar bagaimana cara pengelolaan sampah yang baik.
Posted in Tak Berkategori

24 thoughts on “Resep lakukan praktek mikro teaching dengan sukses

  1. jadi ingat waktu di plpg , saya pilih materi : Cara merawat luka , saya siapkan lagu yang mudah ditirukan , e semua teman plpg membantu , mereka semua goyang karena irama lagu nya dangdut , dan ternyata diluar ruangan banyak yang ngintip , aduh lucu dan hasilnya , alhamdulilah ,aku termasuk yang langsung lulus , ada 6 orang yang mengulang 2kali .

    1. wah membaca komenta Bu Retno saya jadi bisa membayangkan bahwa interaktif dan menyenangkan sekali suasananya ya.
      Thanks for your comment bu Retno

      1. kayakny triknya itu cukupa epektif,,,
        nah..tinggal saya ni sekarang pak agus tuk jalanin micro teachingny,,,
        tapi alhmdllah ada celah dikit setelah baca artikel bapak. ntar saya coba trik yang babak sarankan…

    1. untuk mata kuliah agama prinsipnya tetap sama, gunakan pendekatan yang membuat siswa aktif dan mau menelaah serta melakukan kegiatan dengan startegi belajar aktif

  2. aduh, sy jadi deg-degan… bln depan sy harus ujian micro teaching mata kuliah Neonatus Bayi dan Balita di depan mahasiswa DIII kebidanan…. klo kemaren2 praktek micro teachingnya di depan teman2 sekelas masih agak santai.. btw… makasih masukannya pak…

  3. hari ini saya akan praktek micro teaching, dan berkat tulisan bapak saya jadi semakin percaya diri.. semoga praktek saya nanti lancar. amiin
    terimakasih atas motivasinya pak ..

  4. Thanks untk kiat menarikny,, kbetulan bln ini sy ad prktek micro teaching..,,akn sy pake kiat2 ny y sob..!!!

      1. Ini bacaan yg menginspirasi pak, meskipun sy blm ada basic mengajar formal. Tp jikalau lolos tahap brikutnya,insya allah sy menjalani tahap micro teaching. Insya allah ini artikel bpk jd bekal untuk sy untuk tahap slanjutnya (insya allah lolos) aminn thx a lot sir.

  5. pak tolong masukannya bahan ajar yang menurut bapak/ibu apa yang cocok untuk mata pelajaran gegrafi saya ambil pembahasannya matahari dan planet2

    1. Minta mereka membuat desain ulang cover dari buku tersebut, buat poster film dari buku itu jika buku itu difilmkan sekaligus menentukan siapa pemerannya dgn demikian anak dipaksa dgn halus membaca buku tersebut

    1. Untuk mengajar di tk hal yg diperlukan adalah persiapan matang. Gabungkan aspek kognitif psikomotorik dan efektif dalam kegiatan yg anda lakukan di kelas. Pengetahuan apa yg anda ingin anak anak pelajari, karakter apa yg anda ingin anak anak tunjukkan dan kegiatan apa yg anda ingin lakukan bersama anak anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s