Serba-serbi menulis Penelitian tindakan Kelas (tips dari PLPG)

Mendengar kata penelitian banyak guru yang merasa takut. Entah karena sulit atau tidak terbiasa. Class action research atau PTK (Penelitian Tindakan Kelas) singkatan secara bergurau adalah Pusing Tujuh Keliling.

Tidak heran karena guru sulit sekali dalam melaksanakan dan menjalaninya sampai-sampai jadi pusing tujuh keliling.  Padahal semuanya berawal pada keinginan untuk memperbaiki diri. Seorang guru yang tidak pernah atau jarang meneliti pun jika ia senang berefleksi maka akan sangat mudah membuat PTK. Cukup mendengar penjelasan sekali atau membaca bukunya maka akan terbit niatnya untuk lakukan PTK di kelasnya. Maklum PTK hanya akan bisa berjalan jika guru merasa ada masalah dan punya niat yang kuat untuk mencari solusi. Saat belajar PTK di PLPG guru hanya membuatnya sampai BAB III.

Berikut ini adalah intisari mengenai PTK yang saya dapat selama PLPG

Latar belakang mengapa PTK itu penting;

  • PTK adalah cara guru ‘minta maaf’ pada siswa atas cara pengajaran yang belum bisa membuat mereka paham dan mengerti
  • Resep sukses PTK adalah  ‘sadar diri’ terima kesalahan sebagai guru sambil cari solusi kenapa murid belum berhasil
  • PTK kegiatan utamanya adalah meneliti dan mengajar, sebagai pemecahan masalah pembelajaran dari pengalaman saat mengajar

Teknis dalam membuat PTK:

  • Dalam PTK, latar belakang dulu diputuskan baru membuat judul, dengan demikian alasan-alasan dulu dipaparkan baru kemudian ide dasar yang mengikat.
  • Gambar model PTK sebagai pemecahan masalah pembelajaran

  • PTK ; bersifat kolaboratif, bisa antar guru, guru dan siswa dll
  • Ibarat seorang dokter berikan obat mesti habis dulu obatnya baru terlihat hasilnya, itu sebabnya PTK dilakukan 2 putaran
  • Ada masalah apa + cari solusi dari literatur + diuji coba + dicatat = PTK
  • Bedakan PTK dengan Studi Kasus, PTK jauh lebih simple sementara studi kasus itu hampir mirip skripsi
  • Semakin kuat data awal, semakin bagus karena bisa membantu kita saat membuat PTK
  • PTK itu sejalan dengan waktu belajar mengajar karena kegiatannya pun dilakukan saat KBM
  • Solusi dalam PTK tidak mesti metode, bisa saja gunakan alat bantu (media pembelajaran)
  • PTK itu sebaiknya 2 siklus alias 2 kali mencoba sebuah solusi dikelas, jika siklus pertama belum maksimal coba lagi
  • Saat diulang kembali dan hasil test murid menunjukkan kemajuan, berarti berakhirlah PTK karena sdh ada solusi/kemajuan yg didapat

 

Iklan

4 tanggapan untuk “Serba-serbi menulis Penelitian tindakan Kelas (tips dari PLPG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s