
eminar Pemanfaatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas berlangsung di gedung JCC Jakarta 5 Mei 2012. Pemanfaatan TIK akan membantu konten dari guru sudah baik dari sisi perencanaan pengajaran. Guru bisa mulai dari tujuan pembelajarannya apa? dari situ tentukan mau gunakan alat/situs/software . Ada prinsip yang sangat mendasar dalam hal pemanfaatan TIK yaitu guru perlu tahu hasil akhirnya saja, soal cara menggunakannya? bisa sambil jalan. Artinya siswa sekarang bisa dengan cepat mempelajari sesuatu apalagi belajar dan menguasai teknologi. Guru hanya perlu menyuruh mengarahkan sambil ememinta siswa saling mengajarkan satu dengan yang lainnya.
Berikut ini adalah beberapa prinsip dasar yang saya sampaikan;
- hanya menunggu sampai diri sendiri sebagai guru bisa menggunakan teknologi? murid kita akan jauh mendahului
- hal yang guru butuhkan dalam pemanfaatan TIK di kelas adalah contoh, ide-ide dalam integrasi pembelajaran, serta pelatihan ‘ramah guru’
- yang benar adalah ‘belajar dengan menggunakan teknologi’ bukan ‘mengajarkan cara menggunakan teknologi’
- mulai sekarang jika ada pelatihanTIK dari diknas, kirimlah guru paling pintar (mengajari teman guru lainnya)
- modal guru dalam belajar cuma rajin bertanya pada yang sudah bisa, sambil membeli (cicil) kalau belum punya atau tanya pada murid
- selalu tanya pada diri sendiri jika temukan software/situs bagus, ‘apa saya bisa lakukan dengan murid saya di kelas’
- dalam pemanfaatan TIK di sekolah, posisi guru & siswa sejajar, keduanya adalah ‘learner’
- jika anda ‘kepala sekolah’ jadilah model dalam belajar teknologi sambil katakan ‘gagal hal biasa dalam belajar’
Anda juga bisa membaca ulasan lengkap mengenai seminar ini di blog para guru hebat yang hadir
Blog Pak Firdaus , blog pak Bhayu , blog Pak Edy dan Blog ibu Mugi ,