17 Resep kreatif dalam menangani masalah perilaku siswa

Kata kreatif dalam proses belajar mengajar maknanya bisa diperluas dalam berbagai macam segi. Salah satunya adalah kreatif dalam mengelola perilaku siswa. Jika anda masih percaya bahwa ‘mengancam’ siswa adalah jalan satu-satunya meningkatkan kedisiplinan atau kepatuhan siswa, saran saya ubah pandangan tersebut. Mengancam erat kaitannya dengan kekuasaan, yang berkuasa mengancam yang tidak punya kekuasaan. Guru mengancam siswa, atau jaman sekarang sudah terjadi siswanya yang malah mengancam gurunya. Melalui tulisan ini saya akan berbagi mengenai cara kreatif dalam mengelola perilaku siswa.

  1. Harga diri siswa adalah hal yang paling utama. Cobalah menegur siswa dengan kata-kata yang merendahkan atau membuat ia malu di depan teman-temannya. Dipastikan sampai dewasa ia akan dendam pada anda sebagai gurunya.
  2. Semua siswa adalah yang utama. Jika anda merasa siswa pintar adalah segalanya, mulai sekarang hapus pandangan tersebut. Semua siswa pintar tergantung dari mana kita memandangnya. Fokus hanya pada anak yang pintar dan memandang sebelah mata pada anak yang menurut anda kurang pintar hanya akan menambah masalah baru. Bersikap adil pada semua anak jauh lebih utama dan lebih baik.
  3. jadilah guru yg jadi  bagian dari penyelesaian masalah dan bukan bagian dari masalah
  4. Inti dari pengelolan kelas adalah sabar dan berprasangka baik, caranya jangan beri label siswa
  5. Anda mengharapkan siswa menjadi siswa yang baik, sopan, sabar, bekerja keras, berkata halus dan bermuka manis? Jadilah perubahan yang anda minta di kelas, caranya dengan terlebih dahulu memberi contoh saat kita ada di kelas.
  6. Teaching is 90% relationship building 10% content, menurut anda?
  7. Diminta duduk di tempat yg sama selama 7-8 jam dan masih diminta utk duduk diam & tenang, itulah nasib siswa kita
  8. ‘mood’ guru boleh turun naik, namun cara memperlakukan siswa mesti sebaik & seadil yg kita mampu
  9. Lakukan banyak variasi dlm mengajar, dijamin anda bebas dari masalah perilaku siswa di kelas
  10. Sikap saling menghormati saat di kelas sangat penting demi membentuk kelas yg kondusif, will you respect your student?
  11. guru tahu dan mengerti apa yg jd kesukaan/hobi siswanya, jalan masuk utk bisa kendalikan perilaku siswa
  12. Bagaimana guru bersikap, seperti itulah siswa akan bersikap di kelasnya
  13. kunci utama sukses dalam mengelola kelas adalah sikap dan perilaku guru dlm keseharian
  14. ciri guru masa kini; jarang duduk di belakang mejanya
  15. marahlah sambil tersenyum dalam hati, marah beneran saat siswa ribut di kelas cuma akan menambah rusak suasana
  16. pelihara ‘mood’ anda, untuk subyek yangg anda ajar dan mengelola perilaku siswa di kelas
  17. minimalisir suasana gaduh di kelas, caranya pasangkan siswa dalam kelompok atau partner

 

 

 

11 thoughts on “17 Resep kreatif dalam menangani masalah perilaku siswa

  1. salam kenal pak agus… saya suka sekali membaca tulisan- tulisan pak agus.. apalagi untuk saya guru pemula yg masih mencari- cari cara mengajar dan metode yg tepat untuk mendidik siswa.. saya mengajar mapel untuk SD kls 1 sampai kls 6… klw sudah masuk dkls 6 bawaannya pengen emosi sj melihat siswany gak berubah sikapny mereka hanya takut sama wali kls nya sj ketika dngan guru mapel.. rasa kepedulian dan sopannya kurang sekali… gimana menurut pendapat pak agus? saya pengenny mereka tenang dan disiplin ddalam kls.. ☺

    1. Lakukan kesepakatan kelas terlebih dahulu, perilaku mana yang boleh dan tidak. Di usia kelas 6 mereka senang jika dapat guru yg tegas dan saat yg sama ramah kepada mereka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s