12 Cara Membuat Siswa di Kelas Menjadi Siswa yang Kreatif

Setiap tahunnya sebagai guru kita menimbang-nimbang siapa yang menjadi murid kita tahun ajaran ini. Menimbang-nimbang yang saya maksud adalah menimbang perilaku, kemampuan akademis serta yang terpenting kemampuan sosialisasi murid kita di kelas. Berbekal informasi dari guru lainnya guru bisa memaknainya sebagai informasi awal dalam upaya untuk melejitkan potensi siswa di kelas. Salah satu cara membuat siswa mengenali sendiri potensi dan kemampuannya adalah dengan membuat mereka menjadi siswa yang kreatif. Mari terlebih dahulu merubah pandangan bahwa kreativitas hanya ada di dunia seni. Kreativitas bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan kreativitas semua bidang kehidupan akan semakin maju karena inovasi yang lahir dari kreativitas.

Sama seperti guru yang kreatif, siswa yang kreatif akan membuat dunia pendidikan Indonesia maju. Di masa depan siswa yang kreatif juga akan mewarnai Indonesia dengan kiprahnya dan sumbangsihnya. Untuk itu tugas guru untuk jadikan siswa nya kreatif. Berikut adalah cara membuat siswa di kelas menjadi kreatif;

1. Minta siswa mengajarkan siswa lainnya sebagai bagian dari strategi belajar
2. Latih siswa untuk berpendapat dengan jelas dan lancar, sebagai cara membuat siswa percaya diri di depan teman
3. Biasakan siswa untuk bisa berpartisipasi dalam kelompok
4. Buat kegiatan di kelas agar siswa bisa berpikir mandiri sekaligus menjadi pemecah masalah
5. Siapkan penugasan bagi siswa yang di ujung penugasannya siswa diminta mengekspresikan diri secara kreatif bisa dengan drama, komik atau hal lain yang menuntut siswa kreatif
6. Sering-seringlah meminta siswa bekerja sama dalam kelompok agar mereka terbiasa bekerja sama dengan orang lain
7. Sering-sering memberi penugasan yang kreatif misalnya daripada sekedar meminta siswa merangkum isi buku, lebih baik meminta siswa mendisain ulang covernya
8. Mengikut sertakan ‘suara’ siswa dalam perencanaan pengajaran. Dengan demikian siswa biasa mengungkapkan pikiran dan berani mengungkapkan pendapat.
9. Saat membahas sesuatu di kelas, sering2 lah bertanya, “apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar kata……”
10. Berikan pekerjaan rumah yang berkualitas pada siswa, bukan yang sekedar membuat siswa pusing. Misalnya daripada meminta siswa mengerjakan soal pilihan ganda, lebih baik meminta siswa melakukan wawancara, memotret gambar lewat hp kemudian memberikan komentar dan banyak kegiatan lainnya yang membuat siswa tertantang.
11. Memperbanyak diskusi dan interaksi antar siswa di kelas, mengurangi ceramah dan komunikasi satu arah di kelas, hanya dari guru pada siswa.
12. Menciptakan budaya menjelaskan di kelas, bukan sekedar menjawab yang betul. Artinya jika ada siswa yang menjawab betul minta ia menjelaskan alasannya dengan demikian siswa yang lain bisa terbantu dalam berusaha untuk mengerti.

Ke 12 cara di atas sudah saya praktekan di kelas, hasilnya siswa menjadi senang belajar, hubungan guru dan siswa juga menjadi semakin demokratis. Siswa akan menganggap gurunya adalah seorang yang mau mendengar dan juga orang yang senang belajar. Salah satu ciri individu yang kreatif adalah senang belajar, semoga tips di atas bisa membantu anda. Punya tips lain yang terbukti ampuh membuat siswa menjadi semakin kreatif? yuk berbagi lewat komentar

12 Cara Membuat Siswa di Kelas Menjadi Siswa yang Kreatif

17 thoughts on “12 Cara Membuat Siswa di Kelas Menjadi Siswa yang Kreatif

  1. Semoga kehadiran saya bermanfaat buat Guru Kreatif lainnya.Banyak Profesi yang telah saya liwati.Karena kehendak ALLAH saya mendapat penghargaan dari Gubernur DKI Fauzi Bowo sebagai Aktivis Peduli Lingkungan, Hut DKI 484,21 Juni 2012 di Ecopark Ancol, Kurang lebih sudah 234 bentuk kreasi daur ulang botol plastik menjadi Lampu Unik dan pernak pernik cantik.Sudah sering diundang sebagai Narasumber di SD,SMP, Perguruan Tinggi,Ibu-ibu Dharma Wanita,PKK,Karang Taruna dlsb.Bagi yang pernah melihat saya di Media TV,dikenal juga dengan nama Bob Lampions.Jika ingin melihat kreatifitas saya bisa lihat di YouTube/Google,klik Bob Novandy/Bob Lampions.Juga bisa lihat di Wide Shot Metro TV edisi selasa 3 Januari 2012.Telp.saya,02193988232/083873793926/

  2. insya Allah itu pemikiran yang bagus untuk kita semua, tinggal bagaimana kita berusaha untuk lebih berbuat banyak untuk kita dan anak didik kita, tank’s all

  3. Insya Allah ide ada di setiap pikiran kita,cuma kadang kita tidak tahu bagaimana cara mengaplikasikannya.
    Bagaimana ya pak cara mengaplikasikan daya kreatif kita ?
    Bagaimana cara menggugah daya kreatif kita ?

    1. Amiin, cara gampang nya pak Saedi dengan menganggap semua yang berasal dari kita sendiri berharga. Ide sekecil apapun akan berguna jika kita berupaya untuk diwujudkan
      Selamat mencoba

  4. Waah .. betul sekali Pak….. mustinya ukuran sertifikasi guru itu ,seperti yang bapak lakukan, mampu mencipta,mampu mengelola, mampu membimbing dan membina, kreatif dan innovatif , yang saya lihat di kereta banyak guru yang tidak suka membaca, tapi lebih suka ngobrol yang nggak jelas atau tidur ? Yang begini ma guru pekerja, bukan profesional. Okey terimakasih pak. Salam dengan pak Ardi di SMK Paramitha Jakarta

    1. Thanks Mas Ardi, sebenarnya tujuan sertifikasi adalah kesejahteraan dengan harapan guru yg sudah sejahtera makin ok cara mengajarnya. Namun semua dikembalikan ke pribadi masing masing guru. Mari mulai dari diri sendiri jadi guru yg profesional yg mengajar dengan hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s