Cara menjadi guru kreatif di kelas

Kick start your brain. New ideas come from watching something, talking to people, experimenting, asking questions, getting out of the office
– Steve Jobs

Guru masa kini punya banyak cara untuk menjadikan dirinya kreatif. Di sekeliling kita saat ini bertebaran ide dan gagasan yang tinggal diambil dan digunakan. Tapi mari kita definisikan dulu makna guru kreatif, jika menjadi guru kreatif yang muncul di pikiran anda adalah Prof Yohannes pakar fisika kita anda mungkin benar.Di tangannya anak-anak di sulap menjadi juara fisika dengan pengajaran yang asyik dan mengena sehingga yg diajar senang dan ingin terus belajar lagi. Tapi juga bisa salah karena tidak perlu gelar pofesor untuk jadi kreatif. Tidak perlu bergelar tinggi untuk bisa kreatif. Kita pun guru biasa pasti bisa dan mampu menjadi kreatif. Selama pengalaman saya mengajar saya banyak menemukan guru yang kreatif bahkan dalam keterbatasan. Jadi pepatah yang mengatakan ada uang ada fasilitas, baru guru bisa menjadi kreatif sekarang mulai berubah.
Berikut beberapa cara yang bisa menjadikan anda guru yang kreatif saat di kelas

Konsentrasikan diri anda pada perencanaan mengajar

Mengajar berarti mempersiapkan, kata-kata tersebut pasti disetujui oleh guru manapun di muka bumi. Memang betul dengan mempersiapkan berarti keberhasilan sudah ditangan kita 80%. Dengan persiapan kita merasa maikn percaya diri. Hal ini berlaku untuk semua guru baik yang baru memulai karir mengajarnya sampai yang sudah puluhan tahun mengajar. Mengatakan bahwa materi pengajaran sudah diluar kepala, sudah bukan jamannya lagi. Hal tersebut seperti mengatakan bahwa semua materi pengajaran sudah dihapal, dan tidak perlu perencanaan lagi. Padahal hal tersebut rawan pengulangan saat mengajar dan ujungnya akan membuat siswa bosan.

Terbuka untuk perubahan dan berbuat salah

Salah satu ciri kreativitas adalah perubahan, saat berubah mungkin saja mengalami kegagalan dan ketidak berhasilan. Saran saya saat alami kegagalan dalam berusaha mengajar kreatif di kelas, jangan memarahi diri sendiri. Tanpa sadar kita sering memarahi diri sendiri, padahal sifat mau mencoba dan gagal sudah menjadi satu paket dalam keberhasilan menjadi seorang guru kreatif. Perbaiki saja rencana pengajaran yang sudah dibuat sambil ditambahkan refleksi (cerita) mengapa gagal dan hal apa yang mesti diperbaiki lain kali. Bahkan proses dalam anda memperbaiki cara mengajar anda dari hari ke hari telah membuat anda menjadi guru kreatif tanpa anda sadari.

Siap diajak kerja sama

Menjadi kreatif itu banyak cara dan jalannya, yang paling gampang adalah menampilkan diri sebagai seseorang yang berpikiran terbuka dan siap diajak kerja sama. Karena dari kerja sama itu kita menjadi banyak belajar dan tanpa terasa keterampilan kita akan makin bertambah. Jika anda guru baru tapi siap dan senang diajak kerja sama maka rekan anda yang senior akan gembira mengajak anda ikut serta dalam kegiatan. Ketika kedekatan pribadi sudah tercipta maka guru yang lebih pengalaman dari kita akan dengan senang hati berbagi tips dan pengalaman kreatifnya saat kita tanyakan.

8 thoughts on “Cara menjadi guru kreatif di kelas

  1. Poin satu (Konsentrasikan diri anda pada perencanaan mengajar) rasanya yang perlu dibahas lagi dalam bentuk forum atau pertemuan guru-guru, mengingat masih ada guru yang cenderung mengajar tanpa persiapan yang matang.

  2. salam kenal,
    Guru yang kreatif selalu ingin mengembangkan diri, namun mengajar tanpa persiapan tidak ada tujuan pada akhir pelajaran, bagaikan perahu terombang ambing ditengah laut tanpa kemudi. Tks

    1. Kata-katanya bagus bu Mariasi, sebuah pengandaian yang membuat saya menjadi sadar juga bahwa perencanaan membuat semuanya jadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s