Mengatasi siswa terlambat, yuk kita berbagi tips.

Siswa terlambat bukan cuma masalah waktu yang terbuang, tapi juga bisa mengganggu suasana hati guru yang sedang mengajar. Jika kita ingin ‘marah’ pada siswa yang terlambat, mari berkaca dahulu apakah kita juga sudah bisa tepat waktu atau tidak pernah terlambat sepanjang karier kita sebagai guru? berikut ini tulisan rekan pendidik Naja L Umar, dalam mengatasi siswa yang terlambat. Saya yakin anda juga punya tips atau ide lain untuk dibagi, silahkan menanggapi dengan memberi komentar

Pak Agus, ditempat saya, siswanya lebih unik lagi. Jika sanksi untuk siswa terlambat masuk kelas adalah keluar kelas selama 5 atau 10 menit (tanpa belajar), justru bagi siswa hal itu sangat ‘menyenangkan’ bukannya ‘menakutkan’. Lagi pula, siswa terlambat masuk kelas bisa karena berbagai alasan, yang kadang-kadang benar adanya untuk ditolerir. (misal, lokasi tempat tinggal, perjalanan, cuaca, dll)
(Toh, kadang-kadang saya juga tidak tepat waktu, hehe juga karena beberapa alasan)
Jadi saya tidak pernah memberikan sanksi apapun untuk siswa yang terlambat masuk kelas. Hanya saja saya menerapkan sistem, setiap masuk kelas, pada 10 menit pertama dengan memberikan Quiz tentang materi pelajaran kita yang diambil skornya langsung. Tentu saja Quiz tersebut hanya bisa diikuti oleh siswa yang datang tepat waktu. Benar, awalnya sedikit repot karena kita harus mempersiapkan Quiz sebaik dan semenarik mungkin untuk alokasi waktu yang tepat.
Tetapi setelah beberapa lama, saya melihat bahwa rata-rata siswa tidak lagi mengejar waktu masuk yang on time tetapi mereka mengejar kesempatan Quiz. (Sebab, setiap beberapa pekan Skor Quiz akan ditempelkan di papan pengumuman).
Jadi menurut saya kadang-kadang sanksi boleh diganti dengan ‘mengejar prestasi’. Tetap semangat untuk belajar.

Posted in Tak Berkategori

21 thoughts on “Mengatasi siswa terlambat, yuk kita berbagi tips.

    1. Terima kasih juga Pak Rusdi, siswa terlambat memang selalu menjadi hal yang menggelitik untuk dipecahkan. Saat pembagian rapor saya biasanya memberikan kabar pada orang tua mengenai berapa kali putra/putrinya terlambat, atau jika memang terus terlambat dalam seminggu orang tua siswa juga layak untuk dipanggil.

      1. jika kondisi sekolah yang setiap pagi harus apel? anak biasanya dihukum oleh guru piket,namun tetap saja tidak jera. mengadakan konseling kelompok pun juga masih belum efektif. ditambah lagi di sekolah swasta yang kebanyakan siswa mempunyai persepsi buruk terhadap kedisiplinan.

      2. Untuk sekolah yg tiap hari apel, tantangannya luar biasa. Guru sebagai orang dewasa mesti memberi contoh ketepatan waktu.
        Boleh dicoba cara dengan meminta anak2 yg sering terlambat, hitung frekuensi keterlambatannya, kenakan detention atau sanksi berupa belajar di satu ruangan diawasi kepala sekolah selama 1 jam.

  1. Betul itu pak. Sebelumnya saya juga menerapkan aturan “Tunggu di Luar Kelas” bagi siswa terlambat, tetapi efek jeranya hanya berhasil untuk beberapa anak yang memang pada dasarnya sudah rajin. Siswa yang malas justru malah ‘bahagia’ dengan sanksi itu🙂
    Insya Allah di semester 2 nanti saya akan coba saran dari pak Naja L Umar.
    Thanks for sharing, anyway…

    1. Wah cerita yang menarik, buat saya menghukum siswa cuma akan membuat sedih anak yg rajin dan baik perangainya, dan akan membuat anak yg kurang baik sikapnya menjadi lebih ‘bahagia’ hehe.
      Mari sama-sama mencari cara supaya siswa ‘sadar’ bukan kapok.
      Sukses terus ut bu Nilam di semester 2.

    1. Saat memberikan quiz lihat dulu kemampuan siswanya pak. Untuk hal ini masing-masing dari kita sebagai guru lebih tahu. Misalnya siswa yang bernama A, berikan quiz yang menurut bapak dia pasti bisa menjawab atau boleh juga dipersulit sedikit soalnya. Jika ia bisa mnjawab bagus namun jika tidak turunkan standar ya pak.

      Thanks sudah mampir di blog saya

  2. sangat baik pak, tapi kita lihat dulu sekolahnya, kadang bagi sekolah swasta di pedesaan dengan kwalitas siswa yang asal sekolah atau asal dapat ijazah ini bagaimana…

    1. Benar pak Topan, utk sekolah yg bapak sebutkan memang datangnya mereka ke sekolah saja sudah bagus. Mari sama-sama ciptakan sistem dimana siswa bisa belajar berdisiplin perlahan-lahan.

  3. untuk mengatasi siswa terlambat di sekolah kami memberikan sanksi berupa denda pada siswa yang lebih dari 3 kali terlambat apel pagi sebesar 5000 per anak, tapi tetap saja tidak ada perubahan. gimana pak

  4. menurut sy sangat susah sekali mengatasi siswa terlambat
    mekipun siswa itu di berikan sanksi apapun atau solusi apapun, siswa masih saja terlambat, hal ini di karenakan aktvitas siswa tersebut.

    1. Makasih Pak DHani atas komentarnya, kalau siswa SD bisa terlambat karena faktor kakak atau adik, cara terbaik adalah libatkan ortu siswa

  5. Seperti yang terjadi disekolah kami pak, bel masuk kelas, tepat pada pukul 07.00 siswa masih berjalan menaiki tanga menuju ruang kelasnya, mungkin dengan inovasi pemberian quis untuk meningkatkan daya serap, feedback materi insya allah bisa berhasil disamping sebagai menjerakan anak terlambat,”!thankz pak, bisa dicoba

    1. Terima kasih sudah mau mencoba hal yang baru mas Arjena, mudah2an jadi semakin kondusif kelasnya. Usahakan gurunya dahulu yang mesti ada di kelas terlebih dahulu. Supaya murid segan karena telah ditunggu oleh siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s