Guraru award jalan untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik

Gelar guraru yang saya terima merupakan sebuah hal yang membuat saya tercenung sambil berpikir keras. Hal yang saya pikirkan pertama kali adalah gelar guraru adalah gelar yang demikian berat namun juga menantang untuk didalami dan dilaksanakan. Guraru lahir dari kepedulian acer yang besar pada pendidikan Indonesia dan kerinduan agar pendidikanmenjadi jawaban bagi semua permasalahan bangsa ini, terutama guru sebagai agen perubahan.

Pendidikan Indonesia menurut saya adalah sebuah dunia yang ‘aroma’ isolasinya sangat kuat. Isolasi adalah sebuah kata yang merujuk pada keerasingan dan saling ketidak tehubungan satu sama lain. iika itu menyangkut pekerjaan mendidik siswa kata isolasi sangat berbahaya sekali. Isolasi yang saya maksud bukan karena seorang guru tinggal di pedalaman, karena bahkan guru yang tinggal di perkotaan pun bisa terjebak pada isolasi, pada keterasingan akan perkembangan terbaru dan support dari sesama guru.

Acer sadar sekali akan pentingnya pendidik untuk saling terhubung dengan cara bertukar pikiran mengenai proses belajar mengajar (praktek terbaik) yang telah ia lakukan. Dengan saling terhubung rasa sulit menghadapi siswa atau menyiapkan pelajaran di kelas bisa lepas dan berganti dengan rasa optimis dan kegairahan untuk mencoba hal yang baru. Saya selalu percaya bahwa hal yang kita suarakan untuk kepentingan pendidikan dan kemauan kelas yang kita ajar akan menjadi kebiasan baik dan melekat hinga sebagai pendidik terasa hati ini selalu ingin memberikan yang terbaik lewat sosial media. Saya katakan bukan blog tapi sosial media karena blog telah berkembang menjadi mikro blogging yaitu twitter, dan facebok pun sudah menjadi hal yang lumrah yang diminati guru.

Untuk memenuhi harapan agar bisa menjadi pendidik yang senang terhubung dan saat yang sama bisa memberi semangat pada diri sendiri dan orang lain, ada beberapa hal yang menjadi hal yang biasa saya lakukan antara lain;

  • Mempunyai akun di goggle reader atau sejenisnya , yang memungkinkan kita mendapatkan berita terbaru atau update dari sesama blogger tanpa mesti berkunjung ke blog yang bersangkutan. Hal yang paling penting dari kegiatan ini adalah inspirasi untuk menulis yang tiada habisnya.
  • Mengikuti berita terbaru di twitter, yang disana kita bisa daptkan banyak link dan wacana yang baik untuk diterapkan di kelas. Cara terbaik untuk mengikuti seseorang yang hebat di twitter adalah dengan masuk ke blognya terlebih dahulu, baru ikuti twitternya. Anda juga bisa follow saya di @gurukreatif
  • Menjawab komentar yang masuk di blog kita secara rutin, ini dari pendidik yang senang terhubung dangan satu sama  lain adalah senang berdiskusi dengan siapa saja.
  • Berusaha konsisten saat mempunyai akun di social media yang lain. Tidak mesti kita punya status yang sama di blog, twitter dan facebook, karena yang penting anda menyuarakan semangat  yang sama yaitu semangat berbagi dan pengabdian penuh pada profesi.
  • Jadikan social media tempat untuk melakukan proses berefleksi dalam pembelajaran yang kita lakukan. Jadikan soial media untuk mendapatkan inspirasi dan memberi inspirasi pada orang lain sesama pengajar.
  • Cukup sudah menjadikan sosial media sebagai ajang curhat dan tempat membagi kerisauan serta hal-hal yang tidak mengenakkan dalam karier kita sebagai guru. Jadikan sosial media sebagai sarana agar cara mengajar kita lebih baik lagi dengan cara suarakan hal positif dan membangkitkan semangat.
  • Sosial media bukan tentang diri kita, tapi tentang para pembaca kita. Pembaca senang jika mereka merasa dimengerti dan dibantu keluar dari masalah serta terjawab pertanyaannya. Sudah saatnya pembaca bukan melulu diminta untuk membaca pencapaian kita, kebisaan kita dalam melakukan sesuatu, dan semua hal yang menjadi kelebihan kita. Simpanlah itu semua sampai ditanya.
  • Lakukan personal branding, gunakan twitter, facebook dan blog secara bijak, suarakan kelebihan anda dengan cara yang ‘cerdas’ namun langsung menjadi ‘citra’ untuk anda.

 

Posted in Tak Berkategori

5 thoughts on “Guraru award jalan untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik

  1. selamat pak smoga gelar yang di dapat semakin memajukan pendidikan indonesia. dulu sebelum punya blog saya rajin membaca tulisan pak agus sebagai obat ketika saya lesu tak antusias mengajar.

  2. selamat atas keberhasilan Bapak. Semoga langkah yang telah Bapak ukir dapat menginspirasi guru Indonesia untuk mmenjadi lebih baik dalam berkarya dan mengabdi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s