15. Berikan tugas berangkat dari yg siswa ‘bisa’, dgn prinsip ‘kecerdasan majemuk’ tdk ada siswa yg ‘tdk bisa’ #differentiatedlearning
14. Menarik ada guru cerita jmn dulu gurunya sdh trpkan #differentiatedlearning kita sepakat itu karena beliau mengajar dgn hati
13. Jgn cuma kategorikan perbedaan siswa kita sbg ‘unik’ tp sebut juga hal tsb sbg ‘anugrah’ atau ‘passion’ mereka #differentiatedlearning
12. Siswa akan stress jika disama ratakan oleh guru, ayo kenali potensi siswa, gunakan #differentiatedlearning
11. Guru yg hadir diprkenalkan tipe penilaian ‘rubrik’ yg cocok sekali digunakan utk menilai ‘performa’ siswa http://lockerz.com/s/118126978
10. Pertanyaan klasik guru adlah bgmana cara menilai ‘tipe penugasan’ yg sesuai dgn kaidah #differentiatedlearning
9. Dgn workshop #differentiatedlearning guru jd sadar, selama ini tipe penugasan pd siswa paling tinggi hnya pd level ‘memahami’
8. 2 hal mutlak dlm pelaksanaan #differentiatedlearning yaitu guru mengerti ‘taksonomi bloom’ dan ‘kecerdasan majemuk’
7. Dgn #differentiatedlearning akan membuat siswa lbh ‘bersuara’ dikelas, sebaliknya guru brkurang dominasinya
6. Bandingkan 2 penugasan ini, meminta siswa merangkum sbh buku, dgn meminta mrk mendisain ulang covernya #differentiatedlearning
5. Ciri guru yg sdh terapkan #differentiatedlearning ia memberikan tugas yg ‘menantang’ dn bukan skedar ‘sulit’
4. Membuat siswa mengerti, adlh tugas keseharian guru, tapi setelah mengerti lalu apa? Disitu tantangan #differentiatedlearning
3. Ada 6 ciri siswa yg sdh mengerti/paham, ia bs mengulang, praktekan, berempati, berperspektif,menrapkan, dan memahami diri sndri
2. Saat workshop #differentiatedlearning guru mendalami ciri2 siswa yg ‘paham’ atas apa yg diterangkannya
1. Inti #differentiatedlearning bukan skedar siswa yg sdh selesai kerjakan tugas trus disuruh ‘free time’, tapi penugasan yg bermakna