Cara gampang membuat komentar di rapor siswa.

Membuat komentar untuk siswa di rapor memang bukan perkara gampang. Aspek profesional kita sebagai guru sering dipertaruhkan saat kita memberikan komentar kepadasiswa yang kita ajar. Jika komentar terlalu berlebihan dan tidak berdasar akanmembuat orang tua dan siswa yang membaca akan mengernyitkan dahi dan merasakanada hal yang aneh dan tidak sesuai kenyataan. Sebaliknya jika komentar hanyaberisi komentar yang menyorot pada kekurangan siswa saja maka guru seperti membuka aib sendiri. Ingat, jika siswa gagal sebenarnya yang lebih gagal adalahgurunya.

Jika boleh memilih sebenarnya bagi guru jauh lebih mudah memberikan nilai angka, tetapiyang banyak terjadi nilai angka cenderung ‘dingin’ dan kurang punya aspekmotivasi dan umpan balik yang sehat untuk perkembangan siswa. Jika sekolah andamerasakan bahwa siswa perlu berkembang secara holistik, artinya tidak hanyaaspek afektif nya saja yang berkembang, pola pemberian rapor pada siswa denganmengandalkan angka dan komentar layak dicoba. Jadi saat pembagian rapor tidakmenjurus pada usaha untuk melihat semuanya dalam sehari, alias ‘pengadilan’untuk siswa, tanpa siswa itu sendiri merasakan apa yang sudah bagus dan apayang mesti lebih ditingkatkan.

Berikut ini adalah saran jika anda ingin memberikan komentar yang seimbang untuk siswa dirapor.

1. Sebutkan nama siswa saat memberikan komentar, saya mengerti anda pasti melakukan initapi jangan hanya diawal tapi juga di sepanjang alinea komentar yang andatulis.


2. Sebutkan perilaku terlebih dahulu, misalnya’teliti’ saat mengerjakan tugas,‘terburu-buru’ saat menjawab pertanyaan, ‘butuh lebih berkonsentrasi’,bertanggung jawab atau contoh-contoh lain yang membuat si pembaca mengerti dan membayangkan bagaimana siswa menampilkan diri di kelas saat keseharian dan dalam pembelajaran.



3. Katakan bagaimana ia menghadapi tugas-tugas saat disekolah. Apakah ia terlalu seriusatau malah cenderung menggampangkan? Atau cenderung berusaha dengan keras dalamsetiap kesempatan tugas yang diminta. Katakan tentunya dengan bahasa yangpositif.


4. Terangkan mengenai bagaimana ia bersikap saat ada didalam kelompok, saat ia mengerjakantugas bersama-sama, atau bagaimana teman-teman memandang keberadaan dirinya ditengah kelompok. Hal ini penting karena salah satu keterampilan yang pentingdalam masa sekarang ini adalah kemampuan kerjasama dalam kelompok.


5. Jika anda ingin mengomentari siswa yang baik saat bekerja di kelas, sebutkan juga apakah ia konsisten atau tidak untuk selalu bersikap sama dalam menghadapi danmengerjakan tugas.


6. Terangkansoal kehadiran, jika kehadiran siswa anda ada yang mencemaskan alias kurang anda perlu mengatakannya dalam komentar. Hal ini juga berlaku jika siswa andaada yang sering terlambat masuk atau telat.


7. Ucapkan selamat jika ada siswa yang ‘sulit’ dalam hal perilaku, teteapi ia ada menunjukkanperubahan positip walaupun sedikit. Hal ini penting sebab yang banyak terjadiguru cenderung meneruskan ‘label’ negatif pada anak yang kurang perilakunya.Ini membuat guru kesulitan melihat hal yang positif dalam keseharian.


8. Jika anda mengomentari siswa yang baru di kelas dan sekolah anda, usahakan untukmelihat cara dia menyesuaikan diri dalam bersikap, bergaul dengan teman dansaat mengerjakan tugas. Apakah sebagai siswa baru ia cukup mampu menyesuaikandiri dalam hal pergaulan dan akademis?


9. Jika ada siswa anda yang bermasalah dengan pekerjaan rumah, katakana juga dalamkomentar anda. Hal ini penting karena cara ia bersikap dan mengumpulkanpekerjaan rumah mungkin juga terkait dengan pola pengasuhan di rumah.


10. Tuliskan kata-kata penyemangat, ‘pertahankan pencapaianmu di cawu depan’ atau ‘semogalebih baik di semester mendatang’.

Kita semua percaya bahwa tujuan kita mengajar dan saat memberi komentar adalah bukan sekedar mencari aspek kelemahan siswa tetapi juga membuat ia termotivasi dan mauberubah kearah yang lebih baik. Percayakan rasa percaya anda 100 persen padasiswa bahwa mereka bisa melalui proses dengan baik dalam keseharian maupundalam mengerjakan tugas akademis. Ingat tugas kita adalah sebagai mitra dalammereka berubah, dengan demikian sebagai guru kita berbagi ‘tanggung jawab’ padasiswa juga sebagai aktor utama dalam pembelajaran di kelas.

Jadi selamat memberi komentar!

Posted in Tak Berkategori

3 thoughts on “Cara gampang membuat komentar di rapor siswa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s