“Pak Agus, kalau saya sudah selesai gimana?”

Itu adalah pertanyaan khas siswa saya di kelas. Mereka yang biasa bertanya seperti itu biasanya datang dari siswa yang selesai lebih dahulu. Jika anda mengajar satu jam pelajaran, anak-anak seperti ini akan selesai bahkan sebelum setengah jam pelajaran berakhir. Buat seorang guru yang tidak siap hal yang akan dilakukannya adalah dengan meminta anak tersebut untuk mengecek kembali apakah nama sudah ada atau apakah pekerjaannya sudah benar semua. Namun mari kita bertaruh, tidak sampai 2 menit anak tersebut akan datang lagi pada kita dan bilang ” sudah pak…trus?”

Jika seorang guru kurang persiapan maka ia akan kebingungan namun jika ia sudah memprediksi maka ia akan menghindari memberikan siswa satu kegiatan saja dalam satu jam pelajaran atau lebih. Itu baru satu tips untuk anda, silahkan ikuti tips berikut ini;

  • Rancang beberapa kegiatan dalam satu kurun waktu. Saya biasa menyebutnya rotasi. Berikan perintah yang jelas pada siswa. Tunjukkan dan peragakan yang mesti mereka lakukan pada setiap pekerjaan yang mesti mereka lakukan dalam setiap rotasi.
  • Pembelajaran dengan rotasi artinya anda persiapkan tiga atau empat penugasan yang berbeda. Siapkan juga grupnya, atur kemampuan siswa dalam grup agar mereka bisa saling mendukung satu sama lain. Posisikan diri anda pada 2 orang siswa, yang satu pada anak yang cepat selesai, yang satunya pada siswa yang paling lambat selesainya. Lalu atur waktu agar yang siswa cepat selesai tetap bisa punya pekerjaan, dan siswa yang lambat selesainya tetap bisa menyelesaikan beberapa tugas yang akan membuatnya merasa ‘berhasil’ dan tidak tertinggal dari yang lain.
  • Jika anda hanya mengajar satu jam, hindari memberikan penugasan ‘sisa’ dari hari kemarin. Berikan penugasan yang sama sekali baru dan lakukan bersama dengan semua siswa di kelas. Penugasan yang saya maksud sudah lengkap  termasuk dengan penjelasan anda mengenai konsep tertentu. Lakukan semuanya dengan kecepatan ‘agak’ tinggi, ini berguna untuk membuat siswa tetap ‘bangun’ dan tetap berkonsentrasi. Jangan panjang-panjang menerangkan, segeralah beralih dengan penugasan yang langsung membuat mereka sibuk. Minta siswa secara bergiliran menjawab pertanyaan sampai semua siswa mendapat bagian.
  • Minta siswa yang sudah selesai membantu rekannya yang masih kesulitan. Minta ia membantu, dan bukan mengerjakan pekerjaan temannya.
  • Berikan siswa yang sudah selesai tugas untuk membereskan kelas, menghias kelas, games sudoku yang bisa dimainkan bersama sampai bahan bacaan untuk dibaca.

Kesimpulannya silahkan memberikan penugasan yang bermakna bagi siswa yang cepat selesainya, dan jangan lupa untuk menekankan bahwa apapun yang kegiatan yang ia lakukan jangan sampai mengganggu temannya yang lain dengan suara atau hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi.

Posted in Tak Berkategori

7 thoughts on ““Pak Agus, kalau saya sudah selesai gimana?”

  1. Ini yg susah dilakukan, Pak. Kita sering merancang satu kegiatan sudah pusing tujuh keliling, apalagi pakai skenario A, B, C, D. Tapi guru yg profesional memang harus pusing tujuh keliling sih. hehehehehe…. saya udah biasa “flying without wings” soalnya…

    1. Setuju Pak Rendra, skenario yang saya maksud memang tidak mesti tertulis. Bisa saja guru melakukannya dengan merubah sedikit menyesuaikan dengan keadaan di lapangan.
      Maju terus guru Indonesia!

  2. “Berikan siswa yang sudah selesai tugas untuk membereskan kelas”..

    ini dia yang kadang membuat siswa kurang mau mengerjakan dengan cepat.. sekarang siswa sangat pintar untuk menyiasati pak

    1. Hi Pak Koes, thanks komentarnya, untuk siswa sekolah menengah memang mesti berbeda penanganannya. Buat mereka membereskan kelas malah terasa menjadi ‘hukuman’. Tapi kalau pak Koes mengajar di SD, Pak Koes akan melihat mata yang berbinar saat siswa diminta membereskan kelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s