Liputan Seminar Nasional Pendidikan Anak Islam “Classroom Management for Fun Learning”

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia. Kesuksesan mendidik anak sangat dipengaruhi sosok guru kreatif dalam kelas. Suasana kelas yang merangsang minat dan kemampuan anak belajar adalah indikator suksesnya guru mengolah kelas yang menyenangkan bagi anak. Oleh karenanya, peran guru sebagai pendidik yang kreatif dan efektif merupakan kebutuhan penting dalam memajukan pendidikan anak.

Berpijak dari kebutuhan penting seorang pendidik ini, LEBAH community turut andil memajukan kualitas pendidikan anak Indonesia. Komunitas yang didirikan oleh alumni UGM Yogyakarta berkolaborasi dengan alumni STAN Jakarta ini berusaha mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan melalui riset dan pengadaan seminar. Program seminar rencananya akan diselenggarakan LEBAH event organizer di kota kota besar di Indonesia. Yogyakarta yang notabene sebagai kota pelajar menjadi pilihan utamalounching program perdana LEBAH community berupa Seminar Nasional Pendidikan Anak Islam.

LEBAH community boleh dikatakan sukses menyelenggarakan seminar perdananya dengan tema “Classroom Management for Fun Learning” pada hari ahad, 27 februari 2011 di restoran Amazy Creaspy Yogyakarta. Acara yang menghadirkan Agus Sampurno (pembicara sekaligus trainer nasional dari Global International School Jakarta) cukup menyita perhatian guru TK dan SDIT internasional di daerah Yogyakarta, Surakarta dan Jakarta. Terbukti utusan beberapa TK disekitar Yogyakarta yang antusias mengikuti acara seminar ini harus menunda mengikuti program spektakuler LEBAH Community karena tiket yang disediakan panitia habis terjual.

Acara yang menuntut peserta mengerahkan seluruh kreatifitasnya dikemas apik oleh trainer nasional berpengalaman dengan rangkaian workshop yang menarik. Peserta dipicu mengeluarkan ide-ide kreatif dalam mengolah kelas yang menyenangkan bagi anak. Selain workshop, Agus sampurno juga memberikan tips mengolah kelas yang merangsang anak belajar dan contoh pengelolaan kelas yang kreatif. Peserta seolah-olah dibius dengan acara yang dipandu trainer guru kreatif nasional yang begitu kreatif, komunikatif dan merangsang daya pikir peserta. Salah satu peserta sempat ditemui crew LEBAH community merasa puas dengan acara yang diselenggarakan panitia. Keumuman peserta berharap bisa mengikuti program-program spektakuler LEBAH communitylainnya. Tak heran jika beberapa peserta sudah pesan tempat untuk program-progamLEBAH community mendatang. Berikut beberapa kesan peserta seminar nasional yang diselenggarakan LEBAH community:

“Alhamdulillah dapat ispirasi, semangat dan ide baru”   (Budi Tri Utomo,S.Pd.-SDIT Internasional Luqman Al Hakim)

“GOOD…GOOD…GOOD….”   (Anna Mustakimah-TK BUDI MULIA 1)

“Bagus, banyak permainannya, komunikatif..”    (Narida Prawesti, S.Psi-Pondok Yasmin)

“Baik untuk guru-guru TK, untuk menambah pengetahuan baru, untuk menghadapi anak anak lebih baik”. Untuk LEBAH community : sering ngadain acara ini lagi.    (Dwi Ratri Wijayanti-TK ABA JETIS)

“For activity : Alahamdulillah acaranya baik dan mengispirasi”. Untuk LEBAH community : Good Job. Bisa lebih mendalam lagi dan menyeluruh, sehingga sekolah sekolah islam di Indonesia memiliki kualitas yang lebih baik hingga generasi islam Indonesia ke depan semakin berjaya    (Fely Hilman-SDIT Internasional Luqman Al Hakim)

“Saya sangat bersyukur karena dengan acara ini saya mendapat ilmu yang baru ”    (Anonim-peserta)

“Acaranya bagus, kreatif dan tidak membosankan. Sangat bermanfaat ilmunya ”     (Novita Ambaryani-Mahasiswi FKIP UNS)

“Materinya alhamdulillah bagus, dapat dijadikan wawasan baru ” (Sariyati-TB-KB-TKIT Salman Alfarisi 2)

“Alhamdulillah, dengan adanya seminar dari Bp. Agus saya merasa termotifasi lagi untuk menjadi guru yang lebih baik kedepannya dan selalu kreatif dalam menciptakan kenyamanan buat anak didiknya, sehingga tercipta generasi bangsa yang berakhlak mulia. Amiin…!”    (Anonim-peserta)

”Acara ini penuh dengan ispirasi..!!!”    (Nuur Annisa Ma’rifah-Mahasiswi FKIP UNS)

“Is a great training”  Subhanallah…, jazakumullah khoiron katsiro atas ilmunya. Semoga semakin bersemangat mengadakan training lagi    (Nisa Shalihah, S.Pd.I-SDIT Internasional Luqman Al Hakim)


Crew LEBAH community mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta dan lembaga yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan program Seminar Nasional Pendidikan Anak Islam ini. Tidak lupa crew LEBAH community mohon maaf kepada utusan beberapa TK yang belum bisa mengikuti program yang kami selenggarakan. Insyaallah peserta dapat mengikuti program-program spektakuler kami lainnya yang akan datang. Kami berdo’a kepada Allah subhanahu wata’ala agar memudahkan urusan kami dan memberkahinya. Semoga program-program kami bermanfaat bagi semua pihak yang peduli akan pentingnya pendidikan. One benefit for all!

(Ganda Wicaksono –Research and Development Manager of LEBAH community)

Lihat foto-foto di

https://picasaweb.google.com/a.sampurno/KomunitasLEBAH?feat=directlink

Dikutip dari; http://portalkreatif.wordpress.com/2011/03/04/liputan-seminar-nasional-pendidikan-anak-islam-classroom-management-for-fun-learning/

Posted in Tak Berkategori

One thought on “Liputan Seminar Nasional Pendidikan Anak Islam “Classroom Management for Fun Learning”

  1. Salam
    Saya Ledi dari padang, Subhanallah acara ini keren
    Up date skill adalah hal yang paling diperlukan oleh guru demi mendukung pengajaran bersama anak didik…
    terima kasih atas artikel ini…
    jadi inspirasi tuk melakukannya juga d padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s