Kerjasama antara unit sekolah dalam satu perguruan, mengapa tidak?

Sekolah yayasan perguruan swasta di Indonesia banyak yang sudah berdiri dari tingkat TK sampai SMA bahkan sampai ke jenjang perguruan tinggi. Sepanjang pengalaman saya berbicara dengan banyak orang tua di beberapa daerah banyak yang masih berpikir dua kali untuk menyekolahkan anaknya di sekolah dimana tingkat TK sampai SMA atau SD sampai SMA berada dalam satu lingkungan atau kawasan.

Beberapa hal yang menjadi kepedulian mereka antara lain apakah anaknya yang masih kecil tidak akan terpengaruh oleh tingkah ‘kakak-kakaknya’ dalam pergaulan sehari-hari. Padahal jika ini terjadi dan pihak sekolah tidak berhasil meyakinkan orang tua maka peluang sekolah untuk mendapatkan siswa baru akan berkurang.

Hal yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah antara lain memisahkan jam istirahat antara siswa yang sudah lebih besar dengan yang lebih kecil. Jika kantin yang tersedia hanya satu lokasi hal ini berguna untuk menjaga agar siswa yang lebih kecil tetap punya peluang untuk beristirahat dan tidak berdesak-desakan. Pemisahan jam istirahat juga akan membuat ‘pertemuan’ antara siswa besar dan kecil bisa diminimalisir.

Namun sebaik-baiknya pemisahan yang terbaik adalah dengan melakukan kerja sama antara kakak yang duduk di SMA dengan adik yang bersekolah di SD atau siswa SD dengan siswa SMP dan sebaliknya. Berikut ini adalah ide yang bisa dilakukan agar sang ‘adik’ tetap bisa bekerja sama dan saat yang sama menjadi bisa mempunyai kesan yang baik mengenai ‘kakak’ nya yang ada di lingkungan satu perguruan sekolah. Sebagai catatan saya menggunakan kata kakak untuk mengatakan siswa yang lebih besar dan adik untuk siswa sekolah yang lebih muda.

  • Adakan pekan buku di sekolah, minta siswa yang lebih besar membacakan cerita untuk adiknya yang ada di kelas lebih muda.
  • Minta kakak yang ada di tingkat sekolah yang lebih tinggi untuk berpromosi mengenai program-programnya didepan adik-adik saat assembly (saat semua siswa SD dan TK berkumpul)
  • Minta dan undang adik untuk datang dalam pameran yang diadakan oleh kakak dan sebaliknya.

Saya yakin dari 3 hal yang saya katakan diatas ide anda akan lebih berkembang untuk bisa lebih mengeratkan kerjasama antara sekolah atau unit ditempat anda mengajar . Jangan lupa hal yang lebih baik adalah jangan sungkan guru SMA atau SMP berpresentasi didepan guru-guru SD atau sebaliknya, mengenai sebuah hal yang menarik dan bermanfaat untuk diterapkan dikelas. Jadi selamat bekerjasama….!

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s