Menciptakan guru yang gemar berbagi pengetahuan

Seorang guru selayaknya adalah sumber pengetahuan bagi siswanya, dari seorang guru kita semua bisa dan mempu menjadi seperti sekarang ini. Melihat judul diatas sudah pasti seorang guru adalah seorang yang suka berbagi kepada siapa saja, baik itu pengetahuan sampai saran dan nasehat yang mungkin berguna bagi orang yang memintanya. Di jaman sekarang ini seorang guru dituntut untuk tidak hanya berbagi pada siswanya tapi juga berbagi kepada sesama guru.

Sebuah sekolah yang baik akan menciptakan sebuah situasi yang ‘aman’ bagi guru untuk mau dan tidak sungkan berbagi pengetahuan. Berbagi pengetahuan bukan berarti ‘sok tahu’, atau mesti dilakukan di forum resmi, tapi bisa juga dilakukan di forum informal seperti obrolan ringan antar guru sampai rapat mingguan. Beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk mewujudkan hal ini adalah;

 

  1. Hilangkan batas senior dan yunior, menjadi guru senior bukan jaminan anda akan tahu segalanya, sebaliknya menjadi guru yunior bukan berarti anda ‘kosong’ tidak tahu apa-apa. Jika batas itu sudah lewat maka sekolah akan menjelma menjadi sekolah yang sehat dan aman bagi siapa saja berbicara.
  2. Biarkan guru lama berbagi mengenai ‘asam garamnya’ mengajar dan biarkan guru baru berbagi semangatnya yang masih menggebu-gebu. Bayangkan jika kedua jenis guru tersebut diberikan sebuah ‘metode’ baru maka persentuhan kedua jenis guru akan sangat menarik. Yang satu akan mempraktekkan sesuai dengan lamanya pengalaman yang ia punyai, yang satu akan bersemangat untuk secara ‘mentah-mentah’ mempraktekan.
  3. Tanamkan bahwa tidak mesti berbagi sebuah hal yang ‘besar’ dan ‘njlimet’. Berbagi kepada sesama guru bisa berarti juga berbagi cerita dan tips dan trik. Karena bisa saja buat seorang guru sebuah pengalaman adalah hal yang biasa, namun bagi orang lain pengalaman itu adalah hal yang luar biasa bahkan mengispirasi.
  4. Jangan selalu kaitkan berbagi ilmu dengan sesama guru sebagai beban, atau mesti ada imbalannya. Berbagi pengetahuan berarti kita sedang memberi dan menerima ilmu dan jangan lupa nantikan berkahnya.
  5. Nuansa berbagi ilmu di sekolah akan menciptakan suasana yang profesional diantara para guru, sehingga guru akan merasa ‘utuh’ dalam menjalani profesinya.
  6. Jika anda adalah seorang siswa, saya yakin anda akan merasa bangga bisa menjadi siswa dari seorang guru yang selal belajar dan mau berbagi, saat yang sama anda adalah role model baginya.
  7. Jangan kaget jika anda mau ‘maju’ dan berbagi pada rekan guru lainnya, maka sejuta kesempatan akan menanti didepan anda, dari undangan untuk memberikan ilmu di sekolah lain sampai kesempatan yang membuat anda berpikir betapa berbagi itu tidak akan rugi.
Posted in Tak Berkategori

5 thoughts on “Menciptakan guru yang gemar berbagi pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s