Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Banda Aceh Bersama LP3TI.

Lewat situs jejaring facebook saya mengenal dan bersilaturahmi dengan Pak Muslim Amiren dari Banda Aceh, seorang pakar teknologi informasi yang peduli dengan pengembangan dan penggunaan Teknologi Informasi di kalangan siswa dan guru. Beliau dan saya banyak berdiskusi dan terakhir (tanggal 23 Januari 2011) beliau mengundang saya untuk datang dan berbicara didepan guru-guru di Banda Aceh.

Sebuah kehormatan saya untuk bisa datang dan berbagi, apalagi bersama saya juga datang secara khusus ke Banda Aceh, senior dan sahabat saya Bapak Wijaya Kusuma, seorang fasilitator handal yang sudah banyak berbicara dalam seminar pemanfaatan TIK di tingkat nasional. Beberapa hal yang saya sampaikan di depan guru-guru yang hadir antara lain, mengenai bagaimana tingkat pemanfaatan TIK di sekolah bagi guru dan siswa. Berikut ini saya sarikan untuk anda.

  • Saat belajar komputer hal yang siswa lakukan adalah hindari menghafal dan mengingat-ingat  misalnya ‘bagaimana cara mencetak dokumen’ atau menjawab pertanyaan ‘fungsi keyboard adalah…?’ artinya siswa hanya belajar komputer dan bukan belajar menggunakan komputer.
  • Guru tidak menggunakan teknologi hanya sebatas menjadi pengganti papan tulis, artinya teknologi dipakai hanya untuk menyampaikan informasi.
  • Guru mulai meminta siswa membuat produk misalnya membuat laporan perjalanan liburan mereka dengan menggunakan piranti lunak pengolah kata.
  • Siswa menggunakan email untuk berkomunikasi dengan  pakar dalam bidang tertentu
  • Siswa menggunakan graphic organizer untuk membangun pengertian mengenai hal yang diajarkan oleh gurunya
  • Siswa menggunakan teknologi untuk memonitor merencanakan atau mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang dilakukannya.
  • Siswa punya dan memiliki kesempatan untuk memilih teknologi atau piranti lunak dalam mengerjakan pekerjaan yang diminta oleh guru di kelas.
  • Siswa mengunakan teknologi untuk bekerja secara kolaborasi.
  • Siswa fasih menggunakan sumber belajar di internet sebagai penyerta dan pelengkap sumber belajar yang ada di perpustakaan .
  • Siswa mempergunakan teknologi untuk mempublikasikan hasil belajar dan keingin tahuan kepada dunia luar.
  • Siswa berartisipasi dalam proyek bersama yang dilakukan dengan siswa lain dari belahan dunia lain mengenai isu-isu kemanusiaan yang penting untuk dipecahkan.

Seminar yang dihadiri oleh 60 guru berjalan dengan lancar dan menarik. Acara sesi tanya jawab pun berjalan dengan baik dan lancar. Kepada penyelenggara Bapak Muslim Amiren dari LP3TI (Lembaga Penelitian Pengembangan Penggunaan Teknologi Informasi) saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk jerih payahnya dalam membuat guru-guru mau terbuka pemikirannya mengenai pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Pak Wijaya dengan Pak Muslim saat seminar berlangsung

Pak Wijaya dan Pak Muslim saat seminar berlangsung.

Posted in Tak Berkategori

2 thoughts on “Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Banda Aceh Bersama LP3TI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s