Iman Usman (19): Penerima Penghargaan Microsoft Bloggership Termuda

Jakarta, 27 Januari 2011—Iman Usman (19), mahasiswa tahun kedua jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia, terpilih sebagai penerima penghargaan bergengsi bagi blogger muda Indonesia, Microsoft Bloggership 2011. Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya bagi blogger muda yang berpikiran maju dan terbuka, serta peduli pada isu-isu edukasi serta pemanfaatan teknologi bagi peningkatan kualitas SDM dan pemberdayaan masyarakat.

“Iman terpilih karena kami melihat bahwa ia punya jiwa kepemimpinan yang kuat dan kemampuan berkomunikasi yang baik,” ujar Risman Adnan, Director Developer & Platform, Microsoft Indonesia. “Namun di atas semua itu, kami melihat bahwa Iman punya visi ke depan yang besar, dan ia bisa menjadi corong perubahan.”

Iman Usman merupakan Presiden dan Pendiri International Future Leaders, sebuah organisasi non-profit untuk pemberdayaan pemuda dalam perubahan sosial. Ia juga merupakan penerima penghargaan Microsoft Bloggership termuda sejauh ini. Iman rajin menulis pengalaman, ide, dan pemikiran-pemikirannya di blog http://imanusman.com/

“Catatan khusus dari saya tahun ini, kelima finalis semuanya punya prestasi, ambisi, dan kontribusi kepada masyarakat luas,” kata Enda Nasution, Bapak Blogger Indonesia, yang juga merupakan salah satu juri final Microsoft Bloggership 2011. “Mereka benar-benar telah melakukan sesuatu di usia mereka yang masih sangat muda. Saya salut. Ke depannya, dengan bantuan teknologi, anak-anak muda ini pasti bisa memberikan kontribusi lebih besar lagi bagi masyarakat.”

“Semua finalis punya komitmen tinggi terhadap pendidikan,” ujar juri final Agus Sampurno, pendidik yang sudah menggunakan social media dan teknologi dalam aktivitas belajar-mengajar. “Kita sempat kesulitan menentukan pemenang. Tetapi Iman terpilih karena ia bisa menyelaraskan ide dan gagasan dengan kenyataan, kemudian mengimplementasikannya.”

Tahun ini, tema Bloggership adalah “Saving Your Social Energy and Stay Connected”. Blogger muda ditantang untuk menggunakan social media agar dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat. “Kami ingin melihat berapa banyak waktu yang mereka habiskan di social media, apa saja yang mereka lakukan, dan kontribusi apa yang bisa mereka berikan kepada komunitas/masyarakat dari waktu tersebut,” ujar Risman Adnan.

Pemenang Microsoft Bloggership 2011 berhak menerima sebuah gadget, perjalanan ke berbagai provinsi di Indonesia bersama Microsoft Indonesia (semua biaya akomodasi, transportasi, dan uang saku ditanggung oleh Microsoft Indonesia), juga menerima berbagai pelatihan bersertifikat dari Microsoft Indonesia.

“Menjadi penerima Microsoft Bloggership lebih dari sebuah prestise dan prestasi,” ujar Iman, yang saat ini tengah berada di Philadelphia untuk mengikuti program Student Leaders on Religious Pluralism. “Ini merupakan sebuah tanggung jawab dan juga kesempatan untuk belajar dan berbagi, belajar menginspirasi Indonesia!”

Tahun ini, lima orang finalis terjaring dari sekitar 90 aplikasi yang masuk. Selain Iman Usman yang menjadi pemenang, ada pula Ilman Akbar, wirausahawan muda yang tengah berusaha menggerakkan website komunitas di kampus-kampus seluruh Indonesia; Dian Paramita, mahasiswi dan aktivis muda yang sudah melakukan berbagai gerakan sosial via Twitter; Lucia Nancy, freelancer dan relawan independen yang sempat terjun langsung ke Mentawai pada saat bencana dan mengajar baca-tulis bagi anak-anak yang tak dapat bersekolah, serta Julian Sukmana Putra, konsultan IT yang punya kepedulian dalam penggunaan teknologi informasi untuk menunjang pendidikan.

Sejak diluncurkan pada 2008 lalu, Microsoft Bloggership telah memberikan penghargaan ini kepada dua blogger muda: Anandita Puspitasari di 2009 (http://nonadita.com) dan Nico Wijaya di 2010 (http://sekarduside.com).  Keduanya turut menjadi dewan juri semifinal dalam ajang Microsoft Bloggership tahun ini.

http://pestablogger.com/?p=2846

Posted in Tak Berkategori

One thought on “Iman Usman (19): Penerima Penghargaan Microsoft Bloggership Termuda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s