Apa yang bisa guru lakukan saat liburan?

Ingat kata mutiara mengenai lilin? Lilin dianggap sebagai perwakilan sebuah makna pengorbanan. Jika anda cermati lilin bersedia mengorbankan dirinya untuk menerangi semua yang ada di sekitarnya dengan membakar dirinya sendiri. Nah jika anda setuju konsep ‘pahlawan tanpa tanda jasa’ bagi profesi guru, anda pasti setuju juga analogi guru adalah lilin yang menerangi ditengah kegelapan.

Saya lebih memilih untuk tidak setuju bagi dua pernyataan diatas, hal ini dikarenakan sebagai seorang yang berprofesi sebagai guru saya lebih setuju bahwa ungkapan yang paling tepat bagi guru adalah sebuah teko (tempat minum) yang mengisi cangkir (siswanya). Dengan analogi ini terasa sekali bahwa jika guru hanya sibuk ‘menuang’ pengetahuannya maka ia akan cepat merasa kosong dan merasa bahwa ilmu yang dikuasainya itu-itu saja.

Sistem pendidikan di negara mana pun membolehkan guru libur bersamaaan dengan siswa libur. Ini dikarenakan disadari sekali profesi guru adaah profesi yang melelahkan dan banyak makan energi. Jika demikian libur adalah jawaban agar guru bisa lebih segar dan bersemangat saat bertemu siswa. Berikut ini adalah cara agar liburan yang dilalului guru bisa bermakna;

1. Lakukan yang anda suka saat liburan. Jika anda suka berkebun, berlibur dan sederet hal lain yang tidak bisa anda lakukan di hari-hari kerja, lakukannlah dan biarkan kegiatan tersebut membuat diri dan pikiran anda lebih rileks.

2. Bersilaturahmi lah, hal ini juga yang sedang saya upayakan terus. Teknologi yang ada saat ini telah membuat kita sebagai individu kekurangan waktu untuk bertemu muka secara langsung. Mumpung lagi libur kapan lagi, ayo kita sambung tali silaturahmi.

3. Unduh sumber pembelajaran yang akan berguna semester atau tahun ajaran depan , saat sedang bekerja sehari-hari di sekolah sedikit sekali waktu yang bisa digunakan untuk mengoleksi sumber pembelajaran yang bagus dari berbagai sumber du internet. Jika anda punya waktu luang saat liburan unduh lah film atau video pembelajaran yang akan membantu anda agar bisa mengajar lebih kreatif.

4. Rapikan administrasi mengajar anda. Anda punya arsip penilaian yang masih berantakan atau RPP yang masih  berbentuk draft? mumpung ada waktu rapikan dan lihatlah hasilnya dijamin semester berikutnya akan menjadi semester yang berkesan untuk anda, dikarenakan anda tidak dipusingkan masalah ‘paperwork’ atau setumpuk pekerjaan administrasi yang menyita waktu.

5. Sisakan waktu liburan anda untuk merencanakan minggu pertama anda mengajar di sekolah pasca liburan. Pasca liburan suasana hati, biasanya berat sekali diajak bekerja dan mengajar, jika demikian luangkan waktu untuk merencanakan minggu pertama anda mengajar di sekolah. Hal ini akan membuat kerja anda menjadi lebih mudah dan terencana. Saya pribadi sedang berusaha punya kebiasaan mempersiapkan minggu pertama habis liburan di tanggal-tanggal terakhir siswa masuk sekolah yang biasanya guru santai karena sehabis membuat raport.

Akhirnnya selamat berlibur saya ucapkan, semoga libur kali ini bermanfaat dan membawa penyegaran, atau anda punya beberapa tips lain, silahkan dibagi di sini ya.

 

Posted in Tak Berkategori

3 thoughts on “Apa yang bisa guru lakukan saat liburan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s