4 alasan untuk tidak menunda membuat blog untuk kelas anda.

Saat ini saya diserahi untuk mengajar di kelas 4 sekolah dasar. Menarik sekaligus menantang saya rasakan mengingat peran saya menjadi fasilitator sekaligus mitra belajar bagi siswa yang antusias dan selalu ingin mengetahui hal yang baru.

Di abad 21 ini memang tugas kita sebagai guru bertambah lagi dengan ‘keharusan’ membuka pintu kelas kita seluas-luasnya.  Memang kelas yang saya geluti mempunyai 4 tembok fisik yang membatasi, tetapi dengan kemajuan teknologi sebagai guru kita diminta membuka pintu kelas kita 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Cara yang saya lakukan adalah membuat blog untuk kelas saya. Bekerja sama dengan guru dari kelas parallel (sesama kelas yang sama), saya membuat blog sebagai sarana membuka dan menjadikan kelas saya ‘ada’ di dunia maya.

Hanya saja demi alasan keamanan saya masih mempergunakan password, ini berarti hanya siswa dikelas saya saja yang bisa membukanya. Maklum banyak sekali foto siswa yang tidak bisa dipublikasikan keluar.

Walaupun anda hanya bisa melihat tampilan singkatnya saja di blog ini namun akan saya bahas mengenai tujuan dari memperluas kelas saya melalui blog www.year4gjis.posterous.com

  1. Siswa sudah akrab dan terbiasa dengan situs jejaring social seperti facebook misalnya. Guru masa kini adalah guru yang berusaha sekuat tenaga mensejajarkan diri dengan minat dan kesenangan siswanya. Dengan membuat blog kelas, siswa saya menjadi mengerti bahwa ada fungsi lain dari internet selain dipakai untuk jejaring social saja.
  2. Blog memungkinkan kita berbicara dengan bahasa siswa. Bahasa siswa kita adalah bahasa generasi digital. Sebuah bahasa yang membutuhkan kemauan guru untuk belajar hal baru dan keluar dari zona nyamannya selama ini.
  3. Blog menjadikan  kelas kita ada 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dengan mempunyai blog kelas saya bisa meletakkan materi yang saya sajikan dikelas untuk dibaca siswa di rumah.
  4. Blog bisa digunakan untuk menempatkan Pengumuman, tugas untuk siswa, pekerjaan rumah sampai foto-foto kegiatan yang dilakukan dikelas.
Posted in Tak Berkategori

2 thoughts on “4 alasan untuk tidak menunda membuat blog untuk kelas anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s