7 Kiat sukses menyelenggarakan Student led conference

Student led conference sudah pernah dibahas dalam blog ini, tetapi saya akan memberikan kiat atau cara lebih lanjut agar apabila sekolah anda belum melaksanakan, sekolah anda  bisa lebih percaya diri untuk melaksanakan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai student led conference

Student lead conference adalah diskusi mengenai hasil pekerjaan siswa dengan siswa sebagai pemegang kendali. Tentu saja tidak hanya siswa yang memegang peranan, namun dibutuhkan juga peranan administrasi sekolah, guru dan orang tua dalam mempersiapkan.

Students led conference biasa dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun ajaran. Agar acara SLC ini bisa sukses berikut ini adalah resep sukses nya

  1. Pastikan sekolah sudah memasukkannya kedalam kalender tahunan sekolah
  2. Latih siswa untuk melakukan SLC, latih mereka melakukan role play atau drama. Upaya yang bisa anda lakukan adalah membuat mereka tidak canggung saat memperkenalkan orang tua mereka secara formal kepada guru di kelas. Latih siswa dari seminggu sebelumnya, luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berlatih.
  3. Kumpulkan dan nilai semua pekerjaan siswa. Salah satu mata acara dalam SLC adalah siswa bersama orang tua melihat pekerjaan siswa secara bersama-sama. Pastikan semua pekerjaan siswa sudah anda periksa dan berikan nilai.
  4. Rapihkan ruang kelas anda. Sekolah yang baik adalah sekolah yang bisa menjadikan kelas nya sebagai kelas yang enak untuk dikunjungi. Tidak perlu berlebihan, asal orang tua bisa bebas dalam melihat display dikelas anda sudah cukup.Libatkan siswa dalam mengatur kelas, jangan semuanya anda lakukan sendiri. Termasuk pada saat mereka membereskan barang mereka di kelas.
  5. Kerjakan display di kelas anda jauh-jauh hari. Mengerjakan display diruang kelas hanya berjarak beberapa hari dari hari H hanya akan membuat anda tidak tampil segar saat SLC berlangsung.
  6. Tumpuk pekerjaan siswa sesuai namanya untuk memudahkan siswa dan orang tua nya berlangsung. Tempatkan pekerjaan mereka ditempat yang mudah dilihat.
  7. Atur jadwal secermat mungkin, beritahu orang tua siswa hanya apabila jadwal sudah pasti.

Akhirnya sebuah SLC yang baik dan efektif hanya bisa berlangsung jika guru, orang tua dan siswa punya tujuan dan target yang sama. Tujuan utamanya adalah menjadikan proses belajar dikelas dan di sekolah sejalan dengan aspek komunikasi yang terjadi dirumah dan di sekolah.

Sebuah SLC yang baik lebih daripada sekedar siswa menunjukkan kepada orang tua pekerjaannya di sekolah, lebih dari sekedar siswa menunjukkan dan orang tua berkomentar mengenai nilai atau pencapaiannya anaknya di sekolah. Tapi SLC yang baik membuat siswa menjadi mengerti apa kekurangan dan kelemahannya. Orang tua juga menjadi mengerti bagaimana bisa membantu anaknya untuk bisa berhasil disekolah. Siswa juga makin mudah dalam berprestasi karena jadi punya target yang jelas dalam belajar dan percaya bahwa guru dan orang tua selalu punya cara untuk mendukung mereka untuk berhasil

2 thoughts on “7 Kiat sukses menyelenggarakan Student led conference

  1. Pak Agus, saya tertarik untuk menerapkan SLC di sekolah saya. Tetapi tentunya ada persiapan yang dilakukan terutama persiapan mental siswa. Yang saya maksudkan adalah menginternalisasai character building dalam setiap pembelajaran.Persiapan apa kiranya (mental) yang harus disiapkan? Pak Agus, bisakah saya mengunjungi sekolah bapak untuk melihat secara langsung SLC? Kira-kira akan diselenggarakan kapan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s