5 tipe penugasan kreatif untuk siswa (Refleksi Workshop menjadi guru kreatif di SMP 280 Jakarta)

Jawahir Mutiara June 10 at 9:35am

Asslm. Salam hormat. mohon sekiranya ada waktu pada Tanggal: antara 28-30 Juni 2010 bisa dan berkenan untuk mengisi acara raker guru.
Materi : guru kreatif dan achievment motivation
Demikian permohonan ini…Terima aksih atas perhatiannya (Surat Pak Juwarto S.Pd lewat Facebook)

Sekolah Menengah Pertama 280 yang ada di seputaran Menteng mengundang saya untuk berbagi dan bersilaturahmi, Pak Juwarto S.Pd sahabat saya mengontak saya untuk memberikan materi mengenai ‘Menjadi Guru Kreatif’

Beberapa hal yang saya sampaikan dalam sesi selama hampir 4 jam antara lain;

Sebagai guru memang belum lengkap rasanya jika kita belum menugaskan siswa untuk mengerjakan sesuatu yang ada hubungannya dengan subyek pembelajaran yang kita ajarkan dikelas. Namun sadarkah kita jika sebagai guru yang kita lakukan adalah semata-mata memberikan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan ini itu tanpa bertanya kepada diri sendiri adakah tugas ini mempunyai hubungan dengan masa depan siswa. Lantas penugasan seperti apa yang kurang berdampak pada masa depan siswa.

Penugasan yang dimaksud disini adalah penugasan yang asal menghabiskan waktu jam pelajaran atau memberikan pekerjaan yang  ‘asal’ banyak dan ‘asal’ susah untuk dikerjakan. Jadi mari sama-sama kita membuat perencanaan pengajaran yang benar-benar berdampak bagi masa depan siswa.

Berikut ini adalah tipe penugasan kepada siswa yang layak untuk dicoba, dikarenakan memperhitungkan keterampilan yang berguna bagi masa depan mereka nantinya.

  1. penugasan yang bersifat kolaboratif. Siswa dibiarkan untuk berbicara dan berdiskusi di kelas. Penugasan yang bersifat kolaboratif akan mengasah keterampilan social siswa dalam berkomunikasi dan membangun kemampuan dalam memecahkan masalah.
  2. Biarkan siswa duduk dalam kelompok-kelompok. Hal ini lebih baik dibanding meminta mereka duduk dengan tubuh yang menghadap anda terus menerus.
  3. Penugasan yang menggunakan teknologi informasi. Cobalah sekali-kali anda sebagai guru melihat cara siswa kita saat ini menulis pesan lewat sms, anda akan kaget membaca bahasa Indonesia yang dirubah dan ditulis sedemikian rupa. Menugaskan siswa kita mengetikkan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan meminta mereka mengirim lewat sms ke nomor anda akan membuat siswa menjadi punya ‘versi’ lain dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dengan orang lain.
  4. Penugasan yang bersifat kreatif dan mengasah daya cipta. Terbukti dimasa ekonomi sulit, ada bidang yang tidak akan terimbas krisis, bidang tersebut adalah bidang kreatif. Tugaskan siswa anda untuk menciptakan sebuah lagu untuk menyederhanakan pengertian yang sulit dalam kaitannya dengan pelajaran anda, atau poster untuk menggiring opini orang lain dalam pokok bahasan yang anda lakukan dikelas.
  5. Memberikan mereka pilihan. Terbukti dengan kita memberikan pilihan bagi siswa untuk melakukan penugasan yang dipilih oleh mereka sendiri akan membuat siswa merasa bertanggung jawab dalam mengerjakannya. Karena biasanya pilihan mereka Tugas anda hanyalah menjadi konsultan dan mitra saat mereka mengerjakan tugas pilihan mereka sendiri.

Workshop berjalan dengan baik sekali, hal ini dikarenakan semua guru yang hadir bersemangat dalam mempersiapkan usaha yang terbaik untuk menjadikan siswa di SMP 280 sebagai siswa unggulan dan senang belajar. Terima kasih kepada kepala sekolah SMP 280 dan Pak Juwarto S.Pd atas undangan dan sambutan yang bersahabat selama saya ada di SMP 280.

foto lengkapnya bisa dilihat di

http://picasaweb.google.com/a.sampurno/TrainingSMP280Jakarta#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s