5 cara menjadi guru yang bisa dijadikan inspirasi oleh siswa

komentar salah satu peserta lewat Twitter

Menjalani abad 21, guru mempunyai peran yang beragam. Dari fasilitator sampai role model, dari mitra belajar sampai teman untuk curhat bagi siswanya. Sebenarnya tidak ada yang berubah dari dulu sampai sekarang, guru tetap lah menjadi seseorang yang membuat siswanya menjadi mau dan senang belajar.

Di Sekolah Syafana Serpong, sebuah sekolah yang sedang berkembang di Serpong menjadi sekolah Islam yang terbaik saya berbagi bersama guru yang sedang mempersiapkan tahun ajaran baru.

Dibalik rutinitas guru yang banyak dan melelahkan selama dikelas, guru punya kewajiban yang disebut sebagai sesorang yang layak dijadikan contoh dalam belajar.

Caranya antara lain

  1. katakan pada siswa apa yang sedang menjadi pemikiran anda dikelas. Dikelas, jika siswa tahu anda adalah juga sesorang yang punya banyak ide dan pemikiran maka ia akan merasa bahwa gurunya pun seseorang yang sedang mencari jawaban atas hal yang ingin ia ketahui. Dengan demikian siswa merasa bahwa gurunya pun adalah seorang pembelajar. Jangan khawatir wibawa anda sebagai guru tidak akan runtuh hanya karena anda mengatakan bahwa anda tidak tahu.
  2. Ubah cara anda bertanya pada siswa. Sebagai guru bertanya kepada siswa adalah bagian dari cara anda memastikan bahwa siswa memahami. Selama ini yang kita lakukan sebagai guru adalah jika siswa tidak segera menjawab maka kita akan segera merubah pertanyaan. Mulai sekarang terbiasalah jika siswa terdiam saat kita bertanya pada mereka, karena itu berarti mereka berpikir. Cara lain yang bisa kita lakukan adalah biarkan mereka menjawab pertanyaan guru setelah berdiskusi dengan rekan atau kelompoknya.
  3. Saat memberikan soal pada siswa, berikanlah posisi yang menantang pada mereka. Misalkan begini, saat mengangkat masalah banjir di ibukota bagi kelompok menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok warga yang terkena banjir, lalu kelompok pengusaha, kelompok yang berperan sebagai pemerintah dan yang terakhir kelompok penggiat isu lingkungan hidup. Dengan demikian siswa tertantang untuk berdebat secara sehat.
  4. Mulai sekarang hindari susunan tempat duduk siswa yang memanjang dari depan ke belakang. Tempatkan siswa daalam kelompok-kelompok demi membuat mereka mau berdiskusi dan bertukar pendapat.
  5. Pastikan bahwa semua ide diterima, kelas yang baik menghargai hasil pemikiran bersama, bahkan jika ide tersebut diluar pemikiran lazim anda sebagai guru. Biasakan siswa untuk memberikan jawaban dengan proses yang benar dan tidak berhenti asal jawaban yang diberikan oleh siswa sudah benar.

Ini kali pertama saya berkunjung ke sekolah yang dipimpin oleh Ibu Hamidah Lilyarni  seorang rekan dari saat saya baru mulai mengajar. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, doa saya agar sekolah Syafana bisa terus berkembang menjadi yang terbaik didaerah Serpong dan sekitarnya.

disarikan dari situs whatedsaid.wordpress.com

3 thoughts on “5 cara menjadi guru yang bisa dijadikan inspirasi oleh siswa

    1. Terima kasih utk komentarnya cak Fauzi, dalam menghadirkan pengalaman langsung bagi siswa, yg dibutuhkan adalah kemauan guru utk berubah dan mencari metode baru sbg jalan keluar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s