4 kiat menjadikan acara menonton di kelas menjadi bermakna

Jika anda memutar film (tontonan) di kelas ada beberapa hal yang bisa anda dapatkan sebagai keuntungan. Pertama anda jadi punya waktu luang melakukan yang lain di kelas, mengoreksi pekerjaan siswa misalnya. Keuntungan kedua adalah anda memberikan gambaran dan perasaan pada siswa bahwa televisi (baca tontonan) ternyata bisa juga dibawa kedalam kelas dan berguna bagi pembelajaran.

Namun lain cerita jika demi mempunyai waktu luang dikelas untuk mengerjakan yang lain anda jadi malah seharian meminta siswa menonton dikelas. Tentunya ini hanyalah contoh ekstrim dari penggunaan media tontonan di kelas. Hal yang ideal adalah anda merencanakan dari jauh hari jenis tontonan apa yang anda ingin putar dikelas. Apakah itu cupllikan film, atau film utuh atau malah VCD dan DVD yang hanya ada di toko buku sebagai pelengkap dari pembelajaran.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam memilih tontonan di kelas adalah

1. Jangan jadikan tontonan sebagai pelarian agar siswa merasa terhibur sejenak di kelas. Di situs Youtube ada ribuan video lucu yang siap di unduh, namun untuk memutarnya di kelas, saran saya pikir-pikirlah terlebih dahulu. Hal yang banyak terjadi adalah siswa terbahak-bahak dan senang ketika diputarkan film lucu tersebut, lalu akan kembali tidak bersemangat ketika anda mulai menyampaikan materi pembelajaran. Ingat tugas utama kita adalah membelajarkan siswa di kelas, jika mereka merasa terhibur itu bonus.

2. Pilih tontonan yang membuktikan bahwa materi yang kita sampaikan dikelas adalah benar dan berdasar. Jangan malah memilih tontonan yang mematahkan teori kita didepan siswa.

3. Tontonan tidak harus film yang punya kisah atau film dokumenter, tetapi bisa juga digunakan film yang berisi ceramah individu yang luar biasa. Anda bisa dapatkan di situs TED atau rekaman acara ‘kick andy’ asli Indonesia banyak disajikan di youtube

4. Jangan merasa bersalah ketika meminta siswa menonton dikelas, hanya karena menurut rekan anda guru lain disekolah, ukuran seseorang guru mengajar dikelas adalah berbicara dan berceramah dari awal sampai akhir. Meminta anak menonton dikelas juga merupakan sebuah situasi belajar bagi siswa, asal direncanakan dengan baik waktu, judul serta isi tontonan tsb.

3 thoughts on “4 kiat menjadikan acara menonton di kelas menjadi bermakna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s