Workshop pembelajaran dan pembuatan Silabus dan RPP di MTSN Pagedangan Serpong

Di MTSN Pagedangan Serpong saya diundang kembali untuk berbagi mengenai pembuatan Silabus dan RPP yang kreatif. MTSN Pagedangan yang sedang berkembang memang sedang mempersiapkan diri  untuk menjadi  yang terbaik, dengan menjadikan pembelajaran kreatif sebagai landasan utama dalam melayani siswa.

Silabus dan RPP yang kreatif memang punya banyak sisi untuk dikerjakan dan diupayakan bersama-sama. Dari pengalaman tersebut memang yang mesti saya lakukan adalah menyemangati guru untuk mau berubah dan menjadi yang terbaik bagi siswa, dalam hal mengajar dan membelajarkan siswa.  Karena sebuah Silabus dan RPP yang baik jika tidak ditunjang oleh kemauan guru dalam mengubah cara pandang dan pola pikir dalam membelajarkan siswa, hasilnya hanya akan membuat frustasi guru sendiri sebagai pelaksana di lapangan.

Beberapa hal yang saya sampaikan dalam kaitannya demi memperlancar tugas guru dalam membuat pembelajaran yang efektif di lapangan adalah

  • Memberikan pilihan pada siswa, dengan membiarkan mereka menyelesaikan tugas dengan gaya modalitas belajar masing-masing.
  • Biarkan mereka membuat keputusan dalam belajar, ingat siswa memegang peranan lebih banyak dalam keberhasilan proses belajar mengajar.
  • Bukan jamannya lagi guru meminta jawaban yang dia sudah duga dan kira. Berikan siswa pertanyaan berjenis terbuka akan lebih baik dalam melatih mereka berpikir kritis. Ciri dari jawaban hasil pemikiran yang kritis adalah jika jawaban itu bisa menimbulkan pertanyaan lebih lanjut.
  • Biarkan siswa membuat koneksi baru, berpikir kritis dan mengeksplorasi kemungkinan
  • Kurangi bicara dan berceramah, metode tersebut kurang efektif efektif dikarenakan terkadang guru mudah terpancing ego nya bila siswa tidak atau kurang mendengarkan.
  • Berikan contoh  perilaku dan sikap yang menyimpulkan siswa bahwa anda juga seorang individu yang sedang  belajar.
  • Mintalah umpan balik dari siswa mengenai cara anda mengajar , biarkan siswa menuliskan apa yang mereka pelajari, apakah mereka menikmati pengalaman belajar tertentu, apa yang membantu mereka belajar, apa yang menghalangi mereka belajar dan apa yang mungkin membantu mereka dilain waktu.
  • Fokus pada belajar, bukan pada cara  mereka sibuk mengerjakan apa yang anda suruh dan minta.  Belajar yang baik adalah pada saat tanpa tekanan dan mereka bisa berekspresi .
  • Pastikan siswa  dan anda sendiri mengerti alasan untuk setiap proses pembelajaran.
  • Siswa yang ‘sibuk bekerja’ mengerjakan tugas anda di kelas  belum tentu ia sedang belajar sesuatu yang berguna masa depannya. Untuk itu mari benahi cara pemberian tugas kepada siswa, hindari untuk hanya membuat mereka sibuk dan waktu mengajar anda habis.
  • Jangan mulai dengan perencanaan kegiatan, mulai lah dengan ‘mengapa’ siswa perlu mempelajari hal ini dan kemudian mengembangkan pengalaman belajar siswa yang menjadikan mereka pembelajar yang mandiri.

One thought on “Workshop pembelajaran dan pembuatan Silabus dan RPP di MTSN Pagedangan Serpong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s