Seminar guru kreatif di Pekanbaru

Di Pekanbaru pada tanggal 9 Mei 2010 saya berbagi di Seminar pembelajaran abad 21 (Tematik dan Project Based Learning). Saya hadir ditengah guru yang antusias yang rindu akan perubahan dan upaya untuk menjadikan siswa sebagai subyek dalam pembelajaran

Beberapa hal yang saya sampaikan antara lain

• Mengubah pola pikir guru dari fokus pada ‘mengajar’ menjadi fokus pada ‘belajar’.

• Tempat duduk siswa yang terbaik bukan di depan dan menghadap kedepan tapi siswa duduk dalam kelompok , untuk berkolaborasi dan membangun makna bersama.

• Kelas yang baik bukan kelas yang diam karena guru yang memegang kendali sepenuhnya tapi kelas yang berisik dimana anak-anak yang sedang belajar mencerminkan pembelajaran yang bersemangat.

• Kelas yang baik jika bukan jika kita sebagai guru sibuk mengulangi pertanyaan atau mengajukan pertanyaan yang berbeda kepada siswa. Tapi sebuah kelas yang baik adalah jika guru memaknai diamnya adalah membuat siswa punya waktu untuk berpikir.

• Berhenti mengangap bahwa pengaturan dan pemberian tugas yang berbedakepada siswa demi mengakomodir kemampuan yang berbeda. Tapi memulai menggunakan teknologi digital yang malah menyediakan diferensiasi alami untuk tingkat yang berbeda, kemampuan dan kepentingan siswa yang berbeda pula.

• Berhenti berpikir setiap siswa harus mengangkat tangannya sebelum ia berbicara dan percakapan semua harus diatur melalui guru. Tapi memulai untuk membiarkan anak melakukan diskusi yang intens. Karena diskusi yang terbaik adalah ketika siswa menanggapi satu sama lain dan guru menjadi fasilitator.

• Berhenti berpikir bahwa memuji siswa adalah sebuah penguatan positif bagi siswa. Tapi memulai untuk memberikan umpan balik konstruktif dan spesifik pada siswa.

• Berhenti berpikir guru adalah guru dan siswa adalah peserta didik. Mulai berpikir kita semua bagian dari komunitas pembelajar . http://whatedsaid.wordpress.com/

Metode tematik dan Project based learning yang sampaikan saat itu disertai contoh dan penerapannya. Hanya saja saya menekankan lebih dalam pada usaha guru untuk merubah iklim kelas dan pola hubungannya dengan siswa terlebih dahulu untuk kemudian siap menjadi guru yang professional dan mau menggunakan pendekatan terkini.

Terima kasih kepada Ibu Tria, penyelenggara seminar di Pekanbaru yang berkenan mengadakan event yang dahsyat bagi pendidik di kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Foto-foto lengkapnya bisa dilihat pada link dibawah ini

http://picasaweb.google.com/a.sampurno/SeminarTematikDanProjectBasedLearningDiPekanbaru#

One thought on “Seminar guru kreatif di Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s