5 panduan sukses mengelola siswa bagi guru ditahun ajaran baru

1.     Kenali siswa sedapat mungkin. Siswa kita adalah individu yang akan bekerjasama dengan kita sebagai guru untuk hasil yang terbaik bagi kita sebagai pengajar dan mereka sebagai individu pembelajar.

2.     Syukuri siapa saja siswa yang ada dikelas anda. Dengan mensyukuri mereka sebagai siswa anda tahun ini maka akan lebih mudah jalannya tahun ajaran baru yang anda alami.

3.     Hindari melabel atau meneruskan ‘cap’ pada siswa anda. Cap bisa berarti baik dan buruk. Siswa kita adalah individu yang sedang berproses. Memberi cap atau label (meskipun positif) pada mereka hanya akan menghambat proses mereka sebagai pembelajar.

4.     Mendengarkan apa yang guru sebelumnya katakan mengenai siswa anda. Sekolah yang baik punya arsip dan dokumen mengenai pembelajaran dan bagaimana siswa anda belajar dan bersikap tahun lalu. Boleh juga mendengarkan apa yang guru sebelumnya katakan mengenai siswa anda tahun ini, tapi akan lebih baik jika melihat data tertulis yang sekolah anda keluarkan.

5.     Terbuka terhadap perubahan kurikulum dan srategi mengajar. Banyak sekolah melakukan rapat 3 hari atau pelatihan di awal tahun ajaran. Mari berhenti melakukan hal-hal tsb sebagai rutinitas belaka. Jika sekolah anda mendatangkan pembicara atau pakar  diawal tahun ajaran, silahkan gunakan metode atau pengetahuan yang diberikan

3 thoughts on “5 panduan sukses mengelola siswa bagi guru ditahun ajaran baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s