Buat seorang guru mengomentari siswa adalah bagian pekerjaan yang mesti dikerjakan setiap pertengahan dan akhir tahun ajaran. Untuk menjaga agar komentar guru bisa membangun sekaligus memberikan informasi yang terbaik mengenai hasil pembelajaran siswa, maka guru perlu memperhatikan prinsip di bawah ini.
(sebagai catatan tips dibawah ini diberikan oleh guru sekaligus mentor saya Ibu Yulia. Beliau memberikan tips ini beberapa tahun lalu dalam rapat menjelang kenaikan kelas. Thanks Bu Yulia, tips nya masih bermanfaat hingga kini, semoga menjadi amal ibadah untuk anda, amin)
Apa yang perlu dipertimbangkan?
Fokus dengan apa yang ingin kita nilai.
Memperhatikan setiap perkembangan yang diperlihatkan oleh siswa kita.
Menggunakan semua data penilaian yang kita miliki. Bukan berdasarkan spekulasi.
Buatlah komentar yang khusus untuk setiap anak, relevan, spesifik dan akurat.
Apa saja yang sebaiknya ada dalam komentar yang kita buat untuk siswa kita?
pencapaian hasil belajar siswa, apa yang telah diselesaikan atau apa yang telah dapat dilakukan oleh siswa kita
area dimana siswa masih membutuhkan banyak bantuan atau perbaikan
bagaimana siswa dapat belajar lebih banyak atau meningkatkan hasil belajar di masa yang akan datang.
Apa yang sebaiknya dipersiapkan?
Sikap positif, jangan memberikan komentar berdasarkan judgment yang melekat pada anak tersebut sebelumnya. Setiap anak dapat berubah. Bersikap terbuka pada setiap perubahan yang terjadi pada anak.
data penilaian yang kita miliki
catatan khusus mengenai siswa kita (anecdotal notes)
diskusikan dengan rekan kerja kita agar penilaian menjadi lebih objektif
Beberapa tips membuat komentar
untuk memudahkan buatlah pola yang sama untuk setiap anak.
Misalnya : buat komentar menjadi 3 bagian:
Bagian 1 : menjelaskan mengenai apa yang telah dicapai oleh siswa.
Bagian 2 : menjelaskan mengenai area dimana siswa masih membutuhkan bantuan atau bagaimana siswa dapat belajar dengan lebih baik.
Bagian 3 : menjelaskan target yang kita ingin siswa capai pada semester berikutnya dan bagaimana cara pencapaiannya.
gunakan “describing words” yang jelas dan mudah dimengerti. Hindari jargon. KIS – “Keep it simple!!”
Contoh :
Si Anu masih perlu meningkatkan kemampuan motorik halusnya dalam pelajaran bahasa Indonesia.
Kemampuan Si Anu dalam memegang alat tulis pada saat menulis masih perlu ditingkatkan.
Sebaiknya jangan mengulangi apa yang telah dijelaskan pada bagian report criteria untuk menghindari pengulangan laporan.
Sekadar contoh……
Harry menunjukkan perkembangan menggembirakan selama term 3 ini. Ia mulai terlihat percaya diri dalam mengemukakan pendapat pada saat diskusi kelas. Dalam hal menulis, Harry perlu diingatkan untuk bekerja dengan lebih teliti agar tidak ada lagi huruf-huruf yang tertinggal atau kata-kata yang tidak lengkap dalam tulisannya. Pada term yang akan datang, kami akan terus membimbing Harry agar rasa percaya dirinya dapat lebih konsisten serta menulis dengan lebih teliti.
Nadya dapat menunjukkan sikap positif dan percaya diri terhadap pelajaran matematika selama semester satu ini. Ia adalah siswa yang mandiri dalam menyelesaikan tugas dan dapat menikmati berbagai bentuk kegiatan matematika yang berbeda. Kemampuan Nadya dalam menghitung cepat penjumlahan dengan hasil sampai 20 sudah baik sehingga membantunya menyelesaikan beberapa tugas dengan cepat. Untuk semester berikutnya Nadya diharapkan dapat lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam bekerja agar hasil belajarnya dapat lebih maksimal
Endang dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk bahan penulisannya melalui internet, buku dan wawancara dengan narasumber. Ia bekerja secara mandiri, antusias, dan penuh percaya diri dalam melakukan riset dan mengeksplorasi peran serta gagasan untuk bahan penulisannya. Ia juga sudah mulai memperlihatkan peningkatan dalam mengkomunikasikan hasil risetnya dengan efektif. Penyusunan kalimat dalam laporannya sudah lebih tersusun dengan struktur bahasa yang baik dan benar.
Ali selalu antusias dan merasa tertantang saat mengerjakan soal-soal yang diberikan. Ia menikmati pelajaran yang sedang berlangsung dan dapat menjawab soal-soal cerita dengan menggunakan prosedur menjawab yang benar secara teratur dan sistematis, namun ia perlu bersikap lebih teliti dalam membaca dan memahami isi soal cerita. Kemampuan membaca isi soal cerita sangatlah penting, Ali dapat meningkatkan kedua kemampuan tersebut dengan membaca soal secara perlahan-lahan dan coba memahami maksud kalimat dalam soal satu persatu agar dapat melihat keterkaitannya satu sama lain.
Terima kasih tips .. sangat bermanfaat bisa langsung diterapkan untuk semester ini…
wow keren banget the masters… menambah perbaikan diri buat saya. thx a lot.
alhamdulillah, dapat ilmu lagi dari pak agus. sebentar lagi pembagian LHBS jadi bisa diterapkan 🙂
nice info artikenya sangat bermanfaat..
terima kasih…..
thanks infonya Pak Agus…sangat bermanfaat
hiks … hiks … jadi ingat rapor sekolah dulu. Sering kali yang tertulis hanya kata-kata : Pertahankan prestasimu (jika nilainya bagus) atau Belajar lebih giat lagi (jika nilainya sedang-sedang saja).
Tips yang bagus, Pak. Semoga banyak guru yang membacanya.
alhamdulillah…bisa jd bahan untuk smtr ini. thanks mr agus
Kalau anda ingin menjadi guru Kreatif, yuk belajar dengan tips2 dari saya.
klik saja: http://www.lagu2anak.blogspot.com
Kak Zepe (guru dan pencipta lagu anak)
Maaf klo ketinggalan info,,,rapor narasi itu bwt kelas berapa?
Untuk kelas berapa saja bisa bu Farina bergantung pada kebijakan sekolah masing-masing. Di sekolah saya di setiap tingkatan ada unsur narasinya. Artinya ada kolom untuk guru memberikan komentar terhadap kinerja siswa.
penuh inspirasi.. thx
Thanks Bu Ica, senang bisa berbagi
Alhamdulillah di tahun ini saya mendapatkan amanah untuk membuat laporan narasi tentang personality development, tips yang bapak tulis akan saya jadikan sbg salah satu acuannya, namun untuk narasi tentang, motivasi, sikap, percaya diri, kepemimpinan, tanggung jawab, pubertas dab konsep diri ini, adakah masukan lainnya? Jazakallaahu khairan Katsiira 🙂
Walau telat membacanya, semoga masih akan bermanfaat. Saya izin ‘ambil’ tips-tipsnya ya Pak, untuk bahan sharing dgn guru2 di sekolah, Terima kasih, Pak ^^
Silahkan Bu Dessy dengan senang hati
alhmdllh, ini merpkan tmbhn pengethuan bwt ana.
tank mR. AguS
Alhamdulillah jika bisa membantu
aslkm pk Agus mksh infonya..pk sy kesulitan untuk rapor TK,anak sy ni kemampuan melebihi dari usia atau pun teman2..karena anak ini di le khan tiap plg sekolah ,,,pdh sdh diekolah full…bgm narasi yg cocok untuk anak ini?mksh pk infonya..
Waalaikumsalam bu Yayuk
Ibu bisa tekankan bahwa dalam bidang akademis anak tsb sudah bagus semua, tinggal saat nya ia menjadi siswa yang ‘berimbang’ dalam soal akademis dan hobby lain yang kira-kira berguna bagi pengembangan fisik dan emosionalnya dia di sekolah
Terimakasih telah menshare ilmunya pak
Sama-sama semoga berkenan
terima kasih Pak,dengan contoh2 diatas kiranya menolong teman2 saya di Tk yang masih kesulitan dan bingung menulis narsasi di rapor TK
Dalam menulis narasi niatkan utk memberikan informasi pada ortu siswa dgn pendekatan yg berimbang.Terima kasih sdh mampir ya
makasii bangeett,,, sangat bermanfaat
Ok Fani semoga berkenan
makasih pak dh membantu sx ntuk membuat narasi,,,
Alhamdulillah akhirnya yang kucari ketemu jua.trimakasih pak Agus.
Wah senang mendengarnya bu Yani
aLHAmDuLiLLah, terus terang selama iNi sy masih biNgung…
Makasih y Mas Agus!!
Mantap bu Nur, menulis komentar akan lebih mudah jika kita sebagai guru rajin menulis catatan singkat mengenai perkembangan murid kita
tolong kasih contoh secara detail narasi rapot taman kanak kanak
Contoh yang saya berikan sudah merujuk kesana bu, silahkan mencoba nanti akan saya berikan penilaian dan tambahan ide
pak agus tolong kasih contoh narasi untuk nilai akidah dan akhlak, ibadah,mksh sebelumnya
Prinsipnya sama pak dengan yang diatas
silahkan mencoba
untuk raport TK sekarang knapa byk kolomnya ya pak Agus jd tambah berfikir lg untuk ngisi narasinya … trim
haha semangat bu Hajjah
jalan satu satunya guru memang mesti mencicil membuat komen narasi
tips yang bagu pak agus, saya mohon izin mengcopy. Thanks
silahkan dengan senang hati
Alhamdulillah bisa dapat postingan ini, membantu sekali bagi wali kelas yg mangisi raport..terima kasih sharenya..
mantaap
sukron p agus ilmu nya manfaat
Terima kasih sudah mampir
Masyaa Allah sangat bermanfaat akh.
Jazaakallahu Khairan. Semoga tercatat sebagai ilmu yang bermanfaat dan tercatat sebagai amalan yang shalih. Aamiin.
Thanks ibu, aaamiin terima kasih doanya
Aamiin
Sangat bermanfaat pa. Hari ini saya bertanya kepada beberapa guru senior, hanya 1 guru yg menganjurkan saya mendekati penjelasan bapa, guru lain menganjurkan untuk lebih simpel aja. Awalnya saya lebih tertarik untuk memberi komentar yang simpel. Tapi setelah baca artikel ini saya jadi semangat karena ternyata komentar di raport bermanfaat untuk anak, ortu dan tentu untuk gurunya juga. Sekali lagi terima kasih ya.
Thanks bu Laoli, membuat saya makin semangat berbagi. Semakin umpan balik/komentar guru bermakna, siswa dan ortunya makin mengerti harus bagaimana utk bisa meraih yang terbaik, sip semangat terus ya
Salam kenal pak agus…akhirnya apa yg saya cari ketemu, dari kemarin saya mencari contoh narasi selalu dpt contoh yg ada kata “namun”, kali ini luar biasa sangat inspiratif smoga dpt membangkitkan semangat belajar siswa/i kita & smoga org tua murid pun tambah bersemangat utk lebih memotivasi putra putrinya dlm belajar. Terima kasih terima kasih pak agus sudah berbagi ilmu
Terima kasih bu Sumarmi telah mampir dan berkomentar, senang rasanya bisa membantu ibu dalam menyiapkan rapor
Bagus nih
sangat menginspirasi…jazakallahu kayran bapak….
Sama sama senang bisa membantu
Terima kasih pak Agus.
Sangat membantu dan inspiratif.
Ada contoh tentang pelajaran musik SD, pak?