1. Anda merasa’bebas’ dan ‘berani’ mengoptimalkan dan melaksanakan pembelajaran di kelas yang menjadi tanggung jawab anda.
2. Saat berinovasi dan berkreasi di kelas, anda berusaha untuk tidak melewati batas kebijakan sekolah.
3. Anda tidak menjadikan kelas paralel anda atau orang yang lebih senior sebagai patokan saat berinovasi.
4. Saat mempunyai formula yang menurut anda berguna dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, anda tidak ragu untuk membaginya kepada guru lain.
5. Anda memandang target kurikulum, instrumen daya serap sebagai sederet alat tes yang memang berguna, tapi tidak membatasi kreasi dan inovasi anda di kelas.
6. Melibatkan siswa sebanyak dan sedalam mungkin dalam pembelajaran.
7. Memandang bahwa kontribusi siswa di kelas anda adalah positif demi membuat pembelajaran anda berhasil.
8. Menjadikan ‘siswa’ anda di kelas (dengan tipe kecerdasan dan gaya belajar mereka yang berbeda) sebagai dasar awal dan pijakan anda dalam berinovasi di kelas.
Trims ini menambah wawasan bgmn kalau membuat tulisan tentang PTK lbh menarik karena kita tahu guru adalh sbgai penulis /membuat PTK, Trums
Tulisan PTK ini bisa dapat ditiru dan di praktekan dlam kelas sebagai pengalaman guru/kita trims
http://nekobudi77.wordpress.com/