Anda juga bisa menjadi guru seperti Ibu Muslimah, ini rahasianya..

Reflektif

Selalu bertanya pada dirinya sendiri apakah yang dilakukannya adalah demi agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik, bukan hanya demi rutinitas semata apalagi demi dilihat dan dipandang lebih atasan atau temen sekerja

Berempati

Kelas yang diajar atau yang menjadi tanggung jawabnya adalah gambaran dari empatinya yang besar terhadap siswanya. Dengan atau tidak adanya fasilitas tidak membuat surut semangatnya untuk menhadirkan yang terbaik bagi siswa. Caranya adalah menempatkan diri sebagai siswa, dengan demikina guru akan mengatur kelas sesuai kebutuhan siswa dan yang terpenting sabar jika ada siswa yang berbuat kesalahan saat belajar.

Fokus

Semua programnya dilakukan demi siswa, ia juga selalu menempatkan dirinya sebagai fasilitator dan actor utama yang menentukan apakah pembelajaran dikelas akan gagal atau berhasil

Selalu ingin tahu dan pembelajar

Jika ada metode yang ia rasa bisa membantu dan meringankan tugasnya di kelas, atau membuat siswanya senang belajar maka akan dipelajarinya dengan sekuat tenaga. Guru jenis ini juga tidak malu untuk mengatakan ‘saya tidak tahu’ kepada siswanya.

Kreatif

Guru seperti ini mencoba mensyukuri apa yang ia punya dan miliki di sekolah dan kelasnya. Guru seperti ini tidak sibuk menyalahkan pihak lain atas keterbatasan yang ia alami tapi malah menggerakkan dirinya untuk mengambil manfaat dan mangoptimalkan semua yang ada. Baik itu sumber pembelajaran, orang yang punya pengetahuan sampai lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

Berkomunikasi dengan efektif

Dengan siswa ia tahu kapan mesti bersuara hangat dengan suara lembut, agak keras bahkan keras jika diperlukan. Dengan orang tua ia tahu bagaimana berkomunikasi dengan hormat dan professional, sejajar dalam kerja sama demi hasil belajar siswa yang lebih baik. Dengan rekan dan atasan, ia tidak buru-buru membela diri, cuci tangan ketika ada masalah, tetapi mau mendengar dan mencari jalan keluar dan mudah meminta maaf jika diperlukan.

Fleksibel

Guru jenis ini akan berusaha mengerti dulu baru minta dipahami. Tidak menjadikan hal kecil menjadi hal yang besar dan membuat hal besar menjadi hal yang prinsip. Guru jenis ini selalu berpendapat inti dari masalah yang terjadi adalah masalah komunikasi. Job description memang penting tapi jauh lebih penting kerjasama dan budaya saling membantu dan bekerjasama demi menghadirkan hal yang terbaik bagi siswa. Dengan demikian ia akan bersikap fleksibel dan menjadi bagian dari solusi bukan bagian dari masalah.

Percaya dan menyayangi dirinya sendiri

Guru jenis ini akan berusaha memecahkan dan menghadapi masalah disekitarnya dengan percaya diri dan hormat kepada dirinya sendiri. Hal ini sangat penting, dikarenakan banyak individu cenderung memendam masalah dan tidak bersemangat untuk menuntaskan masalah hanya karena sifat tidak percaya diri dan merasa dirinya tidak penting. Padahal dalam dunia kerja perasaan percaya diri sangat penting dalam membuat tugas sehari-hari menjadi nikmat untuk dikerjakan.

3 thoughts on “Anda juga bisa menjadi guru seperti Ibu Muslimah, ini rahasianya..

  1. Terikasih …………….
    Tulisan anda sangat membantu saya…..
    “saya kurang PD tuk mengajar,padahal saya kuliah di Fakultas Keguruan,,,,saya takut murid saya gk ngerti dengan apa yang saya jelaskan”
    Apa ya pak solusi tuk masalah saya?

    1. Mbak Endang yang baik,
      Untuk jadi seorang guru yg bisa dimengerti siswa, saya pun masih belajar. Saran saya sering-seringlah menempatkan diri di posisi siswa. Agar kita bisa mengukur sejauh mana cara berkomunikasi kita efektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s