Seminar setengah hari untuk orang tua dengan tema ‘komunikasi dan peran aktif orang tua di sekolah’ bersama PTA Sekolah Islam Mentari ArRidho Pulo Gebang Jaktim

“..ketika sekolah bekerja sama dengan baik dengan keluarga-keluarga siswa untuk mendukukung aktivitas pembelajaran, siswa akan sukses tidak hanya di sekolahnya sekarang tetapi juga disepanjang kehidupannya..”

•.. Source: The Parent Institute

Peran orang tua sangatlah strategis dalam membantu mengembangkan sekolah kita. Pernahkah anda mendengar pernyataan bahwa orang tua adalah marketing yang efektif. Jika orang tua merasa puas dengan pelayanan sekolah maka mereka akan secara sukarela mempromosikan sekolah kita kepada orang lain dan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program-program sekolah.

Banyak sekolah yang merasa khawatir jika harus melibatkan orang tua dalam kegiatan sekolah. Tentunya karena mereka takut orang tua akan melakukan intervensi. Hal ini tentu sangat disayangkan. Kerjasama yang dibina antara sekolah  dan orang tua tentunya dibatasi dengan prinsip-prinsip yang harus dihargai oleh kedua belah pihak.

Tidaklah demikian yang terjadi pada Pengelola Sekolah Islam Mentari ArRidho Pulo Gebang Jakarta Timur, sebagai sekolah yang memantapkan diri sebagai sekolah yang terbaik di timur Jakarta, sekolah ini berusaha menjadikan orang tua siswa sebagai mitra. Tidak heran hal ini dikarenakan sekolah ini menyadari sekali peran orang tua sebagai klien sekaligus mitra dalam mewujudkan rencana sekolah untuk memberikan yang terbaik bagi siswa-siswinya. Rencana tersebut bisa saja yang berhubungan dengan bidang  akademis sampai hal lain yang intinya membuat siswa menjadi individu yang utuh dan menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat.

Selama setengah hari saya bertemu dan bersilaturahmi dengan para orang tua siswa yang bersemangat demi membahas ‘komunikasi dan peran aktif orang tua di sekolah’

Berikut adalah hal yang melandasi seminar ini;

  • Manajemen Berbasis Sekolah bertujuan memperluas tanggung jawab dan partisipasi orangtua/masyarakat dalam memperbaiki pendidikan nasional > tergantung sejauh mana guru/sekolah mampu memberdayakan potensi tersebut.
  • Tingkat dan kualitas partisipasi orangtua/masyarakat di Indonesia tertinggal dibanding negara-negara maju bahkan di Asia sehingga guru/sekolah berpeluang besar membuat perbedaan.
  • Di keluarga Indonesia urusan pendidikan masih menjadi prioritas no 5 dibanding dengan urusan sandang pangan dan rekreasi keluarga

Kami juga membahas mengenai;

Sarana partisipasi orangtua di sekolah

•PTA (Parent Teacher Association) atau Persatuan Orang tua Murid dan Guru (POMG):

forum kemitraan orangtua-sekolah yang misinya memfasilitasi komunikasi dan kerja sama orangtua dan guru dalam mendukung program-program sekolah.

•School Board (Komite Sekolah):

Forum kemitraan stakeholders(pemilik, manajemen, guru, orangtua dan masyarakat) yang berpartisipasi aktif dalam menentukan arah, kebijakan dan strategi sekolah (keuangan, sarana/fasilitas, sumber-daya manusia dan kurikulum).

Peran PTA (Parent Teacher Association)

•Class parents: perwakilan orangtua setiap kelas yang bertanggung jawab memfasilitasi komunikasi dan kerja sama guru-orangtua guna mendukung program kelas/sekolah.

•Special events: ikut serta dalam kepanitiaan acara-acara khusus sekolah (book/science/cultural week, perayaan keagamaan, sports carnival, family fun day).

•Social & community welfare: melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan bersama sekolah.

•School committee reps: ikut serta dalam berbagai komite sekolah (kantin, seragam, ekskul, year book, school trips, dll.).

Kami juga membahas hal apa saja yang berpotensi  membuat kerja sama antara orang tua dan guru menemui kendala;

Budaya/nilai: Orangtua dan/atau guru menganggap pendidikan siswa merupakan wewenang/tanggung jawab sekolah.

Birokratis: Kurangnya dukungan pemerintah/pemilik/ manajemen/guru dalam melibatkan orangtua serta kebijakan/peraturan yang menghambat.

Psikologis: Pengalaman negatif yang mempersulit guru/orangtua berkomunikasi/bekerja sama.

Sosio-ekonomis: Perbedaan latar belakang sosial-ekonomi orangtua dan guru yang melahirkan jurang dalam berkomunikasi/berinteraksi.

Teknis: Kurangnya pengetahuan/keterampilan/ komitmen kedua pihak serta tidak adanya insentif untuk berkomunikasi/bekerja sama.

Model keterlibatan orangtua disekolah

1. Parents as Teachers (orang tua sebagai guru)

2. Parents as Volunteers (orang tua sebagai sukarelawan)

3. Parents as Paraprofessionals (orang tua sebagai profesional)

4. Parents as Adult Learners (orang tua sebagai pembelajar dewasa)

5. Parents as Adult Educators (orang tua sebagai pendidik)

6. Parents as Decision-Makers (orang tua sebagai pengambil keputusan)

4 thoughts on “Seminar setengah hari untuk orang tua dengan tema ‘komunikasi dan peran aktif orang tua di sekolah’ bersama PTA Sekolah Islam Mentari ArRidho Pulo Gebang Jaktim

  1. Wah, bagus banget mas….

    Semoga saya bisa menerapkan di sekolah anak saya…
    memang kadang, sekolah ‘menutup diri’

    saya juga bingung, kenapa demikian..
    sosok Komite menjadi sosok yg ‘seram’ padahal, kami juga menyadari benar batasan mana yg harus kami lakukan…

    Trimakasih ya sharingnya.

    1. Apa kabar bu Devi, komite sekolah semestinya memang dilahirkan sebagai badan yang bersifat menjadi mitra bagi pengembangan sekolah, dan bukan bersifat eksklusif.
      Menjadi tugas bersama utk mengembalikan komite kpd rel nya

  2. assalamualaikum….
    sekolah anak kami membutuhkan seminar seperti program2 terapannya dari mas Agus…, mhn info untuk nomor telephone yg bisa kami hubungi…anak kami bersekolah di SDIT Assalam Gunung Putri Bogor… kami butuh info secepatnya mas Agus…, terimakasih banyak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s