Laporan workshop untuk guru ‘Menciptakan kelas Asyik dan Menarik’ bersama Teachers Working Group Cileduk Tangerang

Nuning Sari Narulita saya sangat berkesan dgn acara yg di isi pak agus sampoerno kemarin.
acaranya menyenangkan, informatif dan nambah wawasan
snack-nya jg enak loch..(hehehe) ^_^
SUKSES utk TWG !!

Komentar dari salah satu peserta pelatihan pada halaman Komunitas Teachers Working Group di Facebook.

Tanggal 21 Maret saya mendapat kesempatan emas untuk hadir di sebuah komunitas yang bernama Teachers Working Group (Twg). Bertempat di Masjid Al Madinah Cileduk Tangerang, komunitas ini mengadakan pelatihan guru yang bertajuk ‘bagaimana membuat kelas menjadi tempat yang syik dan mnyenangkan’. Komunitas Twg  mempunyai tujuan  sebagai  wahana silaturahim, lintas informasi dan  tempat mengakomodasi aspirasi, apresiasi para guru dan pendidik.

Selama 4 jam saya berbagi dan berdiskusi dengan 100an guru mengenai cara agar sebuah kelas bisa menjadi tempat yang asyik dan menyenangkan. Tentunya tidak hanya bagi siswa nya tapi juga bagi gurunya sebagai aktor utama di kelas.

Guru yang hadir semua antusias dan sennag berbagi dan berdiskusi sehingga waktu 4 jam menjadi berlalu begitu cepat. Beberapa sub topik saya hantarkan kepada hadirin, dan disini saya ingin membahas mengenai ‘bagaimana memuji siswa yang efektif’

Memuji merupakan sebuah hal yang biasanya dilakukan guru untuk memotivasi. Tetapi tahukah anda bahwa memuji bisa berakibat jelek jika siswa mengenali bahwa anda ‘asal’ memuji. Tugas guru yang utama memang mengajar. Apapun mata pelajaran atau kelas yang diajar sejatinya tugas guru yang utama adalah mengajar.

Banyak penelitian yang membuktikan jika guru hanya berkonsentrasi mengajar saja maka bisa dikatakan bahwa disitulah awal kegagalan  guru dalam mengelola dan membelajarkan siswa-siswinya di kelas. Dikarenakan menurut saya jauh lebih penting saat yang sama guru juga membelajarkan siswa untuk

mencintai dan menghargai diri sendiri

mengasah kemampuan untuk percaya bahwa dirinya bisa menghasilkan yang terbaik

memberikan penghargaan dan kepercayaan pada siswa pentingnya bermimpi dan bercita-cita dan mendengarkan kata hati

Tugas utama kita adalah mencari hal apa yang baik atau bagus dari siswa kita. Temukan yang terbaik dari siswa anda, utamakan perilaku yang baik dan bukan pencapaian. Karena pencapaian yang baik hanya akan timbul lewat proses yang dihasilkan oleh perilaku yang baik.

Tugas guru bukan hanya menemukan dan menegur pelanggaran yang dilakukan siswa tetapi juga hal baik yang siswa lakukan. Mudah-mudahan kita semua sebagai pendidik bisa dan mampu memuji dengan efektif pada siswa.Karena seperti juga kita tidak ada  satupun siswa yang baik dalam segala hal. Untuk itu kejelian kita dalam memuji siswa secara pas dan benar sangatlah diperlukan.

Senang sekali saya bisa bertemu para ibu yang luar biasa yang tergabung dalam Teachers Working Group. Bertemu mereka membuat saya makin percaya bahwa Indonesia bisa keluar dari kesulitan besar ini melalui pendidikan.

Semua foto dari workshop ini bisa dinikmati pada link berikut ini

http://picasaweb.google.com/a.sampurno/PelatihanPengelolaanKelasUntukLembagaTeachersWorkingGroup?feat=directlink

4 thoughts on “Laporan workshop untuk guru ‘Menciptakan kelas Asyik dan Menarik’ bersama Teachers Working Group Cileduk Tangerang

  1. Senang sekali saya membacanya.

    Peserta didik adalah sumber ispirasi guru. Siswa memiliki intuisi jika guru memuji asal memuji pasti mereka bisa merasakan, akan tetapi jika guru mendidik termasuk juga memuji dengan ikhlas mereka semua bisa merasakan.

    Pada dasarnya tidak ada anak nakal. Mereka hanya butuh perhatian serta pengakuan.

    Selama ini sebagian orangtua dan guru sibuk mencatat perilaku buruk sehingga lupa mencatat perilaku baik. Catatan perilaku baik siswa mampu memotivasi belajarnya serta mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa karena mereka merasa dihargai.

    Hidup guru Indonesia.

    1. saya juga mau ikut bagaimana caranya ya? saya di jambi
      akhir2 ini saya perhatikan murid sya sdh mulai jenuh dg pelajaran yang saya berikan.. saat saya tanya ada banyak alasan.. jadi shock juga.. tpi hal tsb sya jadikan masukan untuk diri saya

  2. bagus banget…pak Terimakasih ilmunya. Memuji tak boleh hanya sekedar basa – basi….Kapan ya bisa mengundang pak Agus ke sekolah saya…..berapa tarifnya ya….he…he…he…

Tinggalkan Balasan

